Iklan Layanan Masyarakat

Magani Craft Wakili UMKM Temanggung di Ajang Pekan Kreatif Nusantara 2020

Senin, 28 Des 2020 09:14:25 322

Keterangan Gambar :


Temanggung, MediaCenter- Dalam rangka promosi dan kebangkitan sektor riil serta pemberdayaan perekonomian masyarakat akibat pandemi Covid-19, langkah yang diambil oleh salah satu pelaku UMKM Kabupaten Temanggung dibidang kerajinan yaitu Magani Craft yang mempunyai tempat usaha atau workshop di Desa Dotakan, Kecamatan Candiroto, mengambil kesempatan mengikuti Pekan Kreatif Nusantara 2020 yang digelar di Artos Mall Magelang. Pameran digelar selama tiga hari, mulai Hari Jumat, 11 sampai 13 Desember 2020.

Magani Craft ditunjuk langsung oleh Dinas Koperasi Provinsi Jawa Tengah untuk mengikuti ajang pameran tersebut, karena dinilai unik dengan desain alami untuk produk-produknya. 

Produk unggulan dari Magani Craft masih seputar fashion dan home décor. Tas dan asesoris wanita masih menjadi unggulan yang banyak dilirik oleh kaum hawa sebagai penunjang penampilan, serta pajangan rumah dari kayu.

Sedangkan untuk kombinasi produk yang berupa tas terbuat dari kayu yang banyak terdapat di daerah sekitar Kecamatan Candiroto yaitu Kayu Mindi yang memiliki tekstur artistik serta mudah didapat di wilayah Kabupaten Temanggung. 

Sedangkan desain yang diterapkan sangat unik dengan ornamennya tradisional motif menggunakan teknik kristik menggunakan benang. Kombinasi tidak biasa antara kristik dengan pola alam dan etnik nusantara yang menyatu pada kayu, merupakan perpaduan yang harmonis antara seni tradisional dan modern, namun tidak lepas dari bentuk dan mode saat ini.

Andreas Widyasmara selaku pemilik Magani Craft mengatakan sangat bangga bisa mewakili Kabupaten Temanggung dikancah nasional dalam mengenalkan produk buatannya. 

“Karena dimasa pandemi ini hampir semua sektor mengalami penurunan penjualan, maka saat dihubungi langsung oleh Dinas Koperasi Provinsi Jawa Tengah untuk ikut memamerkan hasil produksinya, saya bersama adik Aditya Widya Pratama tanpa pikir panjang langsung mengiyakan tawaran tersebut,” ungkapnya disela melayani pengunjung di lokasi pameran.

Keuntungan mengikuti ajang Pekan Kreatif Nasional 2020 ini merupakan pengalaman pertama Magani Craft.

“Selain memperkenalkan produk Magani ke area luar Temanggung, ajang ini juga sebagai penyemangat pelaku UMKM dalam masa pandemi untuk tetap berkarya dan menambah inovasi, juga bisa dijadikan mencari keuntungan dengan penjualan pada perhelatan ini, untuk mengetahui jenis-jenis produk kami bisa dilihat di akun Instagram kami yaitu @magani.craft,” tambahnya.

Pekan Kreatif Nasional 2020 merupakan salah satu ajang yang diharapkan mendongkrak pelaku usaha UMKM di bidang kreatifitas usaha, baik rumahan ataupun skala besar.

Dengan munculnya pelaku UMKM Magani Craft diharapkan bisa menjadi motivasi pelaku usaha di bidang kreatif untuk tetap berinovasi menggali kearifan lokal serta tanpa lelah berkarya. (MC.TMG/Coeplistyo;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top