Iklan Layanan Masyarakat

Madureso Jadi Pelopor Pengembangan Vanili Pada Program Tani Pekarangan

Jumat, 16 Apr 2021 12:50:30 119

Keterangan Gambar : Bupati Temanggung H M Al Khadziq menghadiri acara Pencanangan Gerakan Mustika Desa di Kelurahan Madureso, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Jumat (16/4/2021). Secara simbolis Bupati menyerahkan bantuan bibit tanaman vanili dan lele kepada masyarakat.


Temanggung, MediaCenter - Bupati Temanggung H M Al Khadziq menghadiri acara Pencanangan Gerakan Mustika Desa di Kelurahan Madureso, Kecamatan Temanggung. Mustika Desa sendiri merupakan akronim dari Masyarakat Unggul Sejahtera dengan Tani Pekarangan, Konservasi Lahan dan Desa Bebas Sampah. Program ini tujuannya adalah untuk meningkatkan kemandirian desa, meningkatkan ekonomi rumah tangga, dan mewujudkan lingkungan yang lestari. 

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan ada harapan besar dari program Mustika Desa ini bagi kemaslahatan warganya. Ia pun mengapresiasi pihak Kelurahan Madureso dan masyarakatnya yang berinisiatif mencanangkan Mustika Desa, dengan mempelopori penanaman bibit vanili. Tanaman vanili dulu merupakan primadona dan menjadi salah satu unggulan Kabupaten Temanggung, maka sangat positif jika sekarang dikembangkan lagi. 

"Pada kegiatan hari ini ada seseorang yang menyumbangkan bibit tanaman untuk Tani Pekarangan kepada masyarakat Madureso, yaitu ada lebih dari 300 bibit tanaman vanili dan 600 bibit lele. Bibit vanili ini bagus untuk ditanam, harganya lumayan mahal,  bahkan sekarang harganya terus naik, jadi bisa dikembangkan disekitar rumah-rumah warga. Ini untuk mengembangkan gerakan Tani Pekarangan di Kabupaten Temanggung," kata Bupati, Jumat (16/4/2021).

Bupati berharap semakin banyak masyarakat bercocok tanam, memaksimalkan lahan pekarangan sesempit-sempitnya dengan tanaman berkualitas, dan nanti akan menambah penghasilan keluarga. Melalui cara ini, perekonomian diharapkan pula akan bangkit kembali setelah dalam beberapa tahun terakhir terdampak badai pandemi Covid-19. 

"Harapannya nanti masyarakat Madureso menjadi pelopor  pengembangan vanili di Tani Pekarangan. Jika mau nanti bisa ditangkarkan kembali disetiap rumah-rumah warga," pungkas Bupati.(MC.TMG/Arya;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top