Iklan Layanan Masyarakat

Longsor Tutup Akses Jalan Temanggung-Semarang

Minggu, 07 Mei 2023 05:30:18 449

Keterangan Gambar : Longsor Tutup Akses Jalan Temanggung-Semarang


Temanggung, Media Center - Musibah tanah longsor kembali terjadi di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah pada Jumat (5/5/2023) malam. Material longsor berupa lumpur dan batu menutup akses jalan alternatif Temanggung-Semarang, tepatnya di Desa Kalimanggis, Kecamatan Kaloran.

"Kejadian tanah longsor ini adalah sudah kejadian untuk kedua kali di tahun 2023, yang pertama di bulan Januari dan hari ini di lokasi bersebelahan," kata Kepala Bagian Operasional, Polres Temanggung, Kompol Yanu Fajar.

Ia mengatakan, tebing setinggi 30 meter dan panjang 10 meter ini longsor akibat tidak kuat menahan air hujan yang mengguyur kawasan itu sejak Jumat siang.

"Bencana tanah longsor di wilayah itu memang sering terjadi apabila terjadi hujan dengan intensitas tinggi. Kali ini material longsor yang menutup jalan setebal satu meter," imbuhnya.

Hingga Jumat malam, petugas dari TNI, Polri dan BPBD berupaya mengevakuasi material longsor yang menutup jalan secara manual. Sementara untuk arus lalu lintas, petugas melakukan pengalihan arus bagi kendaraan roda empat. Sedangkan roda dua masih bisa melintas, meski harus ekstra hati-hati.

"Setelah kejadian dan jalan tidak bisa dilewati, kami langsung berupaya untuk pengalihan arus bagi roda empat yang mau melintas ke Sumowono, yaitu kami tempatkan personel lalu lintas  di perempatan Geneng dan pertigaan Mengor, Kaloran supaya warga dan masyarakat yang akan menuju ke Sumowono tidak naik dan kita alihkan melalui jalur alternatif di Kecamatan Kranggan, maupun Kota Temanggung," katanya.

Petugas mengimbau kepada warga maupun pengendara yang melintas di jalur alternatif Temanggung-Semarang ini untuk ekstra hati-hati. Mengingat jalan sepanjang kurang lebih lima kilometer ini rawan terjadi longsor, karena wilayahnya perbukitan dan tebing. (MC.TMG/fr;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top