Iklan Layanan Masyarakat

Longsor Hantam Rumah Warga, Dua Sepeda Motor Tertimbun

Rabu, 29 Mar 2023 12:58:51 301

Keterangan Gambar : Longsor Hantam Rumah Warga, Dua Sepeda Motor Tertimbun


Temanggung, Media Center - Musibah tanah longsor yang terjadi di Temanggung, Jawa Tengah mengakibatkan satu rumah milik Rusyanti warga Dusun Kedung Ombo, Desa Jambon, Kecamatan Gemawang rusak pada Senin (27/3/2023).

"Pondasi mushola yang berada di atas rumah saya itu longsor, kemudian menghantam tembok ruang tamu, batu dan tanah masuk rumah, beruntung saat kejadian saya sekeluarga bisa menyelamatkan diri," kata Rusyanti, Selasa (28/3/2023).

Ia mengatakan, selain menghantam tembok rumah, dua sepeda motor miliknya juga rusak berat, karena tertimbun material longsor.

"Sepeda motor itu diparkirkan di samping rumah, dan pagi tadi berhasil diambil petugas gabungan dari TNI, Polri, BPBD dan warga saat membersihkan material longsor," imbuhnya.
 
Kepala Desa Jambon, Lilis Suharti mengatakan, musibah tersebut diduga akibat bangunan pondasi mushola tidak kuat menahan air hujan yang terjadi beberapa hari ini dengan intensitas tinggi.

"Memang beberapa hari ini wilayah tersebut diguyur hujan deras, dan kemarin hujan sangat deras dalam durasi lama, kemungkinan bangunan pondasi itu tidak kuat menahan air, dan kemudian terjadi longsor," katanya.

Untuk sementara ini pemilik rumah tidak mengungsi, karena masih bisa menempati ruang belakang.

"Karena keadaan yang masih memungkinkan, sehingga mereka tetap tinggal di rumah, menempati ruang yang belakang," katanya.

Petugas dari BPBD, TNI, Polri dan warga setempat dikerahkan untuk mengevakuasi material longsor, termasuk memasang tiang penyangga untuk menahan bangunan mushola guna mengantisipasi longsor susulan. (MC.TMG/fr;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top