Iklan Layanan Masyarakat

Lomba Ngrajang, Nganjang dan Ngelinting Ramaikan Festival Lembutan Bansari

Senin, 31 Okt 2022 20:07:29 224

Keterangan Gambar : Lomba Ngrajang, Nganjang dan Ngelinting Ramaikan Festival Lembutan Bansari


Temanggung, Media Center - Lomba "Merajang, Nganjang dan Ngelinting" yang diikuti 13 Desa di Kecamatan Bansari merupakan rangkaian kegiatan di hari terakhir dalam Festival Lembutan Bansari ke-3 yang berlangsung di Lapangan Siti Aji Desa/Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung, Minggu (30/10/2022).

Agus Zamroni selaku Ketua Panitia mengatakan, tujuan dari terselenggaranya kegiatan tersebut adalah untuk memperkenalkan bahwasanya tembakau lembutan itu bisa dinikmati di luar Kabupaten Temanggung.

Lebih lanjut, ngelinting serentak yang diikuti oleh seluruh pengunjung dan para petani juga dilakukan guna mengenalkan tembakau lembutan dari Bansari untuk para pengunjung Festival Lembutan Bansari ke-3 serta menjadi flashmob kemeriahan dalam kegiatan tersebut.

"Untuk peserta lomba linting itu ada sekitar 50 orang dari luar Kabupaten Temanggung dan dilanjutkan ngelinting serentak yang dilakukan oleh pengunjung dan para petani. Hal ini juga menjadi salah satu kegiatan untuk mengenalkan tembakau lembutan Bansari kepada pengujung yang hadir dalam kegiatan," katanya.

Kecepatan dan kerapian dalam ngerajang lembutan kemudian nganjang menjadi aspek penilaian dalam lomba yang berlangsung pada kegiatan tersebut. Ia mengungkapkan, dalam produksi tembakau lembutan, tiap petani tembakau dalam panennya bisa menghasilkan kurang lebih dari 50 kg tembakau.

"Untuk produksi lembutan sendiri, dari petani sekitar 50 kg tiap panen," jelasnya. (MC.TMG/wll;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top