Iklan Layanan Masyarakat

KTN dan Warung NKRI Temanggung Resmi Dibuka

Rabu, 27 Jul 2022 19:08:43 210

Keterangan Gambar : KTN dan Warung NKRI Temanggung Resmi Dibuka


Temanggung, Media Center - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bersama Pemkab Temanggung, Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah, Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI), dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk., serta Koperasi Rejo Mulyo menggelar soft opening Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) di Sidempul dan Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan NKRI (Warung NKRI) di Embung Bansari, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung, Rabu (27/7/2022).

Dalam peresmian tersebut dihadiri Kepala BNPT, Komjen Pol. Boy Rafli Amar, Ketua Kelompok Ahli BNPT, Habib Luthfi Bin Yahya, Wakil Menteri Pertanian RI, Harvick Hasnul Qolbi, jajaran Forkopimda Provinsi Jawa Tengah, serta Forkopimda Kabupaten Temanggung.

Seluas 10 hektar, KTN dibangun di kaki Gunung Sindoro yang akan dimanfaatkan untuk program reintegrasi sosial bagi Mitra Deradikalisasi BNPT. Bersama masyarakat sekitar, eks napiter akan menjalankan kegiatan di bidang pertanian dengan budidaya kopi berjenis Arabika yang siap panen di tahun 2023. 

Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan warga sekitar pada umumnya dan memberikan kemandirian ekonomi bagi eks napiter pada khususnya.

Sebanyak 10.000 pohon kopi yang dipanen diperkirakan mencapai 10 ton. Lahan KTN yang berada di Sidempul rencananya akan diperluas, agar Temanggung menjadi penghasil kopi specialty terbesar di Jawa Tengah.

Sebagai bentuk dukungan pada program KTN Temanggung, Kementan RI memberikan bantuan 1.000 bibit kopi, 2 unit sprayer, 2 unit cultivator, 1 unit traktor, dan 1 ton pupuk organik. 

PT Adhi Karya turut memberikan bantuan pembangunan warung NKRI. Selain itu, Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa (IARMI) Jawa Tengah juga berpartisipasi dalam KTN Temanggung dengan memberikan 1.000 bibit tanaman hortikultura.

Dalam sambutan Bupati Temanggung yang diwakili Hary Agung Prabowo selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Temanggung mangatakan, bahwa Pemkab Temanggung senantiasa mendukung kemitraan bersama BNPT dalam penanggulangan terorisme.

"Kami akan senantiasa siap memfasilitasi mendukung program BNPT ini, termasuk memberikan atmosfer positif hingga ke desa-desa lain, khususnya desa di Kecamatan Bansari yang tergabung dalam Kawasan Wisata Eling Bening untuk mendukung program ini," ungkapnya.

Dalam sambutan, disampaikan pula penghargaan kepada Kepala BNPT beserta jajarannya, Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Pertanian, Pihak Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah dan semua pihak yang telah membantu kegiatan pembangunan Kawasan Terpadu Nusantara. (MC TMG/Chy;Sv;Ekp;Ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top