Iklan Layanan Masyarakat

KPU Temanggung Verifikasi Administrasi 6.101 Dukungan Calon DPD

Minggu, 08 Jan 2023 19:11:04 494

Keterangan Gambar : KPU Temanggung Verifikasi Administrasi 6.101 Dukungan Calon DPD


Temanggung, Media Center - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung Khadiq Widianto mengatakan, KPU sedang melakukan verifikasi administrasi pada 6.101 pendukung calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Provinsi Jawa Tengah. 

"Verifikasi yang mulai berlangsung Kamis (5/1/2023) dan berakhir Kamis (12/1/2023) mendatang," kata Khadiq Widianto, Minggu (8/1/2023). 

Ia mengatakan, ada tujuh calon DPD yang memiliki dukungan di Kabupaten Temanggung. Total ada 6.101 warga yang menyatakan dukungan.

Dikatakan olehnya, dari calon DPD tersebut, yang paling banyak mendapat dukungan dan harus diverifikasi administrasi adalah Denty Eka Widi Pratiwi. 

Dikemukakan pada hari pertama, Kamis (5/1/2023) verifikasi administrasi dilakukan pada 1.675 dukungan.  
 
Ia mengatakan, tahapan verifikasi administrasi berlangsung sampai tanggal 12 Januari 2023. Usai verifikasi ini, selanjutnya adalah perbaikan dan nanti ketika sudah dinyatakan lolos, maka dilakukan verifikasi faktual dengan mendatangi secara "door to door".

"Dalam verifikasi administrasi ini yang dilakukan dengan mencocokkan antara scan KTP dengan unduhan sama atau tidak NIK, nama, foto, dan tanda tangan," ujarnya.

Khadiq menjelaskan, dalam verifikasi administrasi ini juga mencocokkan apakah ada orang-orang yang dimasukkan dalam dukungan tersebut sebagai anggota ASN, TNI, Polri atau tidak.

"Ketika dia masih anggota ASN, TNI, Polri, maka ada klarifikasi. Jangan-jangan orang tersebut sudah pensiun, tetapi KTPnya masih sebagai anggota TNI, Polri atau ASN," terangnya.
 
Ia menyampaikan, syarat sebagai calon DPD di Provinsi Jateng minimal mengumpulkan 5.000 dukungan dan tersebar di 50 persen kabupaten/kota di Jateng atau paling tidak di 18 kabupaten/kota.
 
"Bisa saja jumlah dukungan di Kabupaten Temanggung banyak, tetapi di kabupaten/kota lain hanya empat atau lima pendukung," pungkasnya. (MC.TMG/Aiz;Ekp;Ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top