Iklan Layanan Masyarakat

KPU Temanggung Mulai Laksanakan Pemetaan TPS

Kamis, 12 Jan 2023 17:58:28 2690

Keterangan Gambar : KPU Temanggung Mulai Laksanakan Pemetaan TPS


Temanggung, Media Center - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung mulai melaksanakan pemetaan Tempat Pemungutan Auara (TPS) Pemilu 2024.

Koordinator Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Temanggung Masyitoh Dian Setyotuhu mengatakan, pemetaan TPS diperlukan untuk kesuksesan dalam pelayanan pencoblosan pada Pemilu 24 Februari 2024 mendatang. 

"Pemetaan TPS merupakan tindak lanjut dari surat KPU RI Nomor 13/TIK.04-SD/14/2023 perihal Data Hasil Sinkronisasi Dalam Negeri untuk Pemilu 2024," kata Masyitoh Dian Setyotuhu, Kamis (12/1/2023)

Dikatakan, pada pemetaan TPS, KPU kabupaten/kota mengacu surat dari KPU Pusat tersebut yang menyatakan KPU kabupaten/kota dapat mengunduh data hasil sinkronisasi dari Sidalih (Sistem Data Pemilih). 

Disampaikan data sinkronisasi yang diperoleh KPU Temanggung berasal dari Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu atau pemilihan terakhir yang telah dimutakhirkan.

Berdasarkan hasil sinkronisasi tersebut, data pemilih hasil sinkronisasi di Temanggung berjumlah 615.197 orang. Mereka akan dipetakan ke TPS dengan jumlah pemilih maksimal 300 orang per TPS.

Disampaikan dalam pemetaan TPS untuk sementara masih mengacu pada jumlah TPS pada Pemilu 2019, yakni berjumlah 2.475.

Ketua KPU Kabupaten Temanggung Muhamad Yusuf Hasyim mengatakan dalam penyusunan data pemilih, KPU dan jajaran bekerja secara profesional berdasarkan pengalaman melakukan pengolahan data dan pemahaman terhadap regulasi.

Yusuf menyampaikan, yang harus diperhatikan dalam pemetaan TPS, antara lain tidak menggabungkan kelurahan atau sebutan lain, kemudahan pemilih ke TPS, tidak memisahkan pemilih dalam satu keluarga di TPS berbeda. 

"Selain itu ada aspek geografis, serta jarak dan waktu tempuh menuju TPS dengan memperhatikan waktu pemungutan suara," jelasnya.

Ia menambahkan, pada pemetaan TPS ini ada kemungkinan penambahan TPS, tetapi hal itu menunggu hasil evaluasi secara menyeluruh sebelum dilakukan penambahan.  

"Kenaikan jumlah TPS sendiri, sebab ada potensi kenaikan jumlah pemilih berdasarkan hasil sinkronisasi data pemilih," pungkasnya. (MC.TMG/Aiz;Ekp;Ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top