Iklan Layanan Masyarakat

Komjen Rycko: Deradikalisasi Merupakan Bentuk Kasih Sayang Negara

Minggu, 07 Mei 2023 05:37:02 335

Keterangan Gambar : Komjen Rycko: Deradikalisasi Merupakan Bentuk Kasih Sayang Negara


Temanggung, MediaCenter- Kepala Badan Nasional Penangulangan Teroris (BNPT) Komjen Pol Ryco Amelza Dahniel melakukan kunjungan kerja di Bansari, Kabupaten Temanggung, Sabtu (6/5/2023).

Kunjungan tersebut dalam rangka penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Universitas Tidar, terkait sinergitas pencegahan tindak pidana terorisme dan deradikalisasi. 

Menurut Komjen Ryco yang pernah menjabat sebagai Kapolda Jateng ini, program dan kegiatan BNPT di Temanggung adalah salah satu bentuk serta bukti, bahwa negara hadir untuk mewujudkan cita-cita nasional, yakni melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.   

"Program ini merupakan suatu bentuk kepedulian dan kasih sayang negara untuk kawan-kawan kita yang tersesat dan terjebak oleh suatu paham yang radikal. Yaitu ideologi yang memaksakan kehendak dan ini bertentangan dengan agama dengan menggunakan cara-cara kekerasan," katanya. 

Jenderal Polisi bintang tiga peraih Adhi Makayasa ini juga menerangkan, bahwa dalam kegiatan tersebut diperlihatkan sekilas video bagaimana sebuah ideologi akhirnya berujung kepada berbagai tindakan-tindakan teror, tindakan yang merobek rasa kemanusiaan. 

Bahkan menimbulkan rasa sakit, rasa tangis, kepedihan, dan kesedihan yang tidak akan kunjung berhenti kepada para korbannya. Pada tataran ini nampak bahwa manusia tidak lagi menghormati manusia, manusia menghancurkan manusia.

"Lebih daripada itu ideologi ini juga tidak sesuai dengan kondisi kebangsaan Republik Indonesia, yang merupakan suatu negara kebangsaan, negara yang dibangun dari berbagai perbedaan. Dengan banyaknya perbedaaan dan perlu adanya perekat. Perekat ini adalah kita, semua para pejabat negara, TNI dan Polri, saudara diberikan tugas untuk menjadi perekat, sehingga akan terwujud suatu yang indah," katanya. 

Maka kedatangannya di Temanggung, kata Ryco adalah untuk menjalankan salah satu program mulia daripada tugas BNPT yaitu program deradikalisasi di kawasan nusantara ini. Salah satunya dengan memberikan kesempatan kepada warga yang sedang dilakukan pembinaan untuk mendapatkan kesempatan bergabung dengan masyarakat sekitar, dengan melakukan konsolidasi sosial berintegrasi dengan masyarakat.

Rektor Untidar Prof Dr Sugiyanto mengatakan, dengan penandatanganan perjanjian kerjasama tentang sinergitas pencegahan tindak pidana terorisme antara BNPT dan Universitas Tidar diharapkan memberikan manfaat. Harapannya tindak pidana terorisme dapat ditangani secara sinergi oleh berbagai komponen bangsa yang saling mendukung dalam rangka menjamin rasa aman bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Kami bersyukur pada saat penandatanganan kerjasama ini, saya melihat keberagaman komponen dan juga keberagaman pendekatan metode dalam penanganan terorisme di Indonesia, termasuk melalui jalur peningkatan kesejahteraan masyarakat. Ini satu hal yang sangat luar biasa yang harus kita dukung bersama-sama," katanya.

Dikatakan, tujuan dari perjanjian kerjasama adalah untuk membangun kesadaran bersama guna mencegah ideologi terorisme yang tumbuh di lingkungan negeri ini. Sebab terorisme merupakan aksi meresahkan, karena menyebarkan rasa takut, merusak keamanan dan cara berpikir, serta rasa kebangsaan. Perjanjian kerjasama juga untuk meningkatkan pencegahan tindak pidana terorisme di lingkungan universitas, serta tercipta lingkungan dan perilaku insan yang bebas dari paham radikalisme maupun terorisme.

Kepala Kesbangpol Kabupaten Temanggung Djoko Prastyono yang mewakili Bupati HM Al Khadziq menuturkan, Pemerintah Kabupaten Temanggung juga satu garis komando dengan BNPT dalam penanggulangan terorisme. Pihaknya akan terus bergandengan tangan dengan seluruh lapisan masyarakat untuk memelihara dan mengembangkan kerukunan umat beragama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, sehingga pemahaman makna tentang kebhinekaan dapat mendukung kegiatan pencegahan terorisme dan radikalisme. (MC.TMG/ary;ekn;wll;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top