Iklan Layanan Masyarakat

Komisi IV DPR RI Kunjungi Lahan Bawang Putih di Temanggung

Senin, 02 Mar 2020 07:46:56 1221

Keterangan Gambar :


Temanggung-Mediacenter. Anggota DPR RI Komisi lV mengunjungi petani bawang di desa Tlahap, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jumat (28/2/2020).

Sebanyak 50 (Lima puluh) anggota DPR RI Komisi IV melakukan kunjungan kerja dan diterima Bupati Temanggung HM Al Khadziq di salah satu rumah makan yang ada di Temanggung, dalam sambutannya Bupati Temanggung mengatakan bahwa pertanian bawang di Temanggung bisa mensuplai sekitar 25 persen kebutuhan bawang di Indonesia, selain itu ada sekitar 14 ribu hektar lahan pertanian bawang putih yang berada di lereng Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro.

"Bahkan kopi asli Temanggung sangat nikmat dan sudah diakui dunia dengan nama Java Koffee, yang pernah menjadi juara 2 dalam ajang festival kopi internasional di Atlanta Amerika, bahkan disajikan di pesawat nasional kita dalam daftar menu kopi" jelasnya lebih lanjut.

Anggota dewan yang melakukan kunjungan kerja di Jawa Tengah menjadikan Temanggung menjadi salah satu destinasinya, kesempatan ini dimanfaatkan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Temanggung untuk ajang diskusi dan menyampaikan keluhan para petani yang ada di Temanggung.

Salah satu kunjungan pertanian yang dipilih yaitu pertanian bawang putih yang berada di Posong, Tlahap, Kecamatan Kledung, dalam diskusi yang diikuti berbagai kelompok tani, ada salah seorang petani yang mengeluhkan kesulitan air saat musim kemarau dan juga tentang pupuk.

Panggah Susanto anggota DPR RI asli putra Temanggung, merespon aspirasi petani bawang putih dalam diskusi di lahan pertanian bawang putih di Lereng Gunung Sindoro Desa Tlahap.

"Permasalahan kesulitan air untuk pengairan akan segera diusahakan sistem  pipanisasi dan pembangunan embung-embung atau pompanisasi untuk antisipasi musim kemarau" kata Panggah menanggapi keluhan petani bawang putih.

Selain permasalahan tersebut perlindungan dari masuknya bawang putih impor juga mendapat perhatian serius untuk menaikan harga bawang putih lokal, khususnya pada saat musim panen. (MC.TMG/Coeplis;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top