Iklan Layanan Masyarakat

Kominfo Temanggung Adakan Bimtek Aplikasi Vidcon

Senin, 27 Apr 2020 19:13:41 713

Keterangan Gambar :


Temanggung, Media Center – Dengan adanya pandemic Covid-19 di Indonesia, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermades) Kabupaten Temanggung bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Temanggung mengadakan pelatihan bagi para Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa dalam menggunakan aplikasi Video Conference (Vidcon) yang diadakan di Ruang LPSE Lantai 3, Komplek Sekretariat Daerah Kabupaten Temanggung, Sabtu (25/4/2020).
Hasan Darajad selaku Kasi Infrastruktur dan Jaringan Bidang Informatika Dinkominfo menjelaskan bahwa pelatihan ini dimaksudkan untuk memfasilitasi para Pendamping Desa dan para Pendamping Lokal Desa yang tergabung dalam kegiatan Program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPPMD). Kegiatan ini dilakukan untuk mempersiapkan kesiapan desa dan kecamatan diseluruh Kabupaten Temanggung apabila diminta untuk melaksanakan rapat melalui vidcon, hal ini berkaitan dengan Surat Edaran Presiden yang menyebutkan agar masyarakat Indonesia menerapkan social dan physical distancing. Maka dari itu semua peserta yang telah mengikuti pelatihan tersebut akan dengan mudah mendampingi desa dan atau kecamatan dalam kegiatan vidcon, khususnya dalam kesiapannya.
“Penyelenggaraannya itu kerjasama antara Dinpermades dan Dinkominfo, jadi Dinkominfo diminta bantuannya untuk menyiapkan SDM yang terdiri dari Pendamping Desa dan Pendamping Local Desa agar mereka memiliki kemampuan membantu dalam pendampingan desa untuk mempersiapkan video conference”, jelas Hasan
Peserta pelatihan sebanyak 20 orang dibagi menjadi 2 sesi. Dari 20 orang tersebut merupakan Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa se-Kabupaten Temanggung yang ditunjuk untuk mewakili desa/kecamatan. Meskipun demikian ada 2 peserta yang tidak hadir, dikarenakan bertepatan dengan kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan, yaitu perwakilan dari Kecamatan Tlogomulyo dan Kecamatan Kledung.
Pelatihan tersebut dimulai dari jam 9 pagi dan berakhir pada jam 1 siang dengan narasumber Sutrisno yang menjabat sebagai Kepala Bidang Informatika Dinkominfo Kabupaten Temanggung. Materi yang disampaikan meliputi penggunaan aplikasi Vidcon dan cara sharing screen, hingga tindakan yang harus dilakukan apabila terjadi trouble.
“Kami melatih para peserta pelatihan untuk menjadi host video conference dari awal acara sampai kemudian mengakhirinya. Kemudian juga melatih sharing screen dan sebagainya. Materi yang kami sampaikan tentang penggunaan aplikasi zoom, kemudian kami juga memperkenalkan aplikasi yang disediakan oleh provinsi yaitu vidcon.jatengprov.go.id. Kami juga memperkenalkan aplikasi meedme.jatengprov.go.id”, imbuh Sutrisno. (MC TMG/Cahya;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top