Iklan Layanan Masyarakat

KKP Salurkan Bantuan Kepada 66 Pokdakan di Temanggung

Kamis, 08 Apr 2021 18:02:19 918

Keterangan Gambar : Ilustrasi Pembudidaya ikan.


Temanggung, Media Center - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyalurkan bantuan benih ikan, induk ikan dan pakan ikan  kepada 66 Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Temanggung Joko Budi Nuryanto, Kamis  (8/4/2021) mengatakan bantuan tersebut sebagai upaya dari KKP untuk mendukung Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

"Gemarikan itu merupakan upaya untuk mengatasi stunting, meskipun stunting itu tidak hanya cukup makan ikan, tetapi ada pola makan, pola asuh dan pola hidup sehat, kebersihan, sanitasi dan sebagainya,"  katanya.

Joko menyebutkan, bantuan kepada 66 Pokdakan itu berupa indukan lele, benih lele, benih nila, benih koi, dan pakan ikan. 

"Totalnya ada 680.000 ekor ikan dan 13 ton pakan ikan," imbuhnya.

Ia berharap bantuan tersebut bisa dikelola oleh Pokdakan dengan baik, sehingga bisa berkelanjutan.

"Mereka yang menerima bantuan tersebut akan mendapat pendampingan dari Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) perikanan supaya kegiatannya bisa berkelanjutan, tidak hanya satu siklus panen berhenti, tetapi berkelanjutan," katanya.

Ia meminta para PPL perikanan bisa mengajari Pokdakan untuk membuat pakan ikan, karena untuk budi daya ikan itu hambatan paling besar adalah dari biaya pakan.

"Memang bantuan ini termasuk pakan, tetapi itu tidak cukup kalau sampai panen, maka mereka perlu diajari membuat pakan ikan dengan biaya lebih murah," pungkas Joko. (MC TMG/Firman;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top