Iklan Layanan Masyarakat

Kenalkan Ikan Sehat dan bermutu, KKP Bagikan 1 Ton Ikan

Rabu, 29 Jun 2022 08:08:01 156

Keterangan Gambar : Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Stasiun Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu Hasil Perikanan (SKIPM) Yogyakarta bekerjasama dengan Komisi IV DPR RI menyelenggarakan Bulan Mutu Karantina (BMK) tahun 2022 di Kabupaten Temanggung yang dipusatkan di Balai Desa Purbosari, Dusun Liyangan, Kelurahan Purbosari, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Selasa (28/6/2022).


Temanggung, MediaCenter - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Stasiun Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu Hasil Perikanan (SKIPM) Yogyakarta bekerjasama dengan Komisi IV DPR RI menyelenggarakan Bulan Mutu Karantina (BMK) tahun 2022 di Kabupaten Temanggung yang dipusatkan di Balai Desa Purbosari, Dusun Liyangan, Kelurahan Purbosari, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Selasa (28/6/2022).

Pada kegiatan tersebut dilakukan penyerahan sebanyak 500 paket Ikan Sehat dan Bermutu yang dibagikan ke empat desa di empat kecamatan di Kabupaten Temanggung, dengan volume total produk perikanan sebanyak 1 Ton. Bantuan terdiri dari siomay ikan, fish roll, tahu tuna dan ikan lele segar berbumbu dengan berat per paket 2 kg.

Pada kegiatan tersebut juga diberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya konsumsi ikan sehat bermutu yang merupakan bagian dari pemenuhan kebutuhan protein kepada masyarakat untuk mendukung implementasi Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Pusat Standardisasi Sistem dan Kepatuhan Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan KKP, Teguh Samudro, didampingi Kepala SKIPM Yogyakarta Edi Santoso, anggota Komisi IV DPR RI Panggah Susanto, Kepala DKPPP Kabupaten Temanggung Joko Budi Nuryanto serta unsur terkait lainnya.

Joko Budi Nuryanto memberikan apresiasi atas kegiatan peduli sosial yang dilaksanakan oleh BKIPM sebagai bentuk sinergi semua pihak yang sangat bermanfaat, terutama bagi masyarakat. 

Lebih lanjut, ia menyampaikan, produksi perikanan budidaya dan perikanan tangkap di Kabupaten Temanggung sebesar masing-masing 8.177,34 ton dan 4.240,57 kuintal. 

“Hal ini mendorong penyediaan ikan sehat dan bermutu, serta meningkatkan angka konsumsi ikan yang masih mencapai 24,34 kg/kapita/tahun,” ujarnya.

Kepala Pusat Standardisasi Sistem dan Kepatuhan BKIPM KKP Teguh Samudro menyampaikan, saat ini pengetahuan masyarakat mengenai pentingnya mengkonsumsi ikan sebagai salah satu makanan bergizi tinggi masih rendah, sehingga memerlukan sosialisasi pentingnya ikan sehat dan bermutu, serta menjadi prioritas BKIPM KKP untuk menjamin mutu hasil perikanan sejak hulu hingga ke hilir.

Disampaikannya, kegiatan Peduli Sosial tersebut merupakan rangkaian Bulan Mutu Karantina 2022 yang mengambil tema ‘Dengan Semangat BMK, Kita Wujudkan Penjaminan Ikan Sehat dan Bermutu’. 

Edi Santoso selaku Kepala Stasiun KIPM Yogyakarta dalam sambutannya menyampaikan, peran, tugas dan fungsi SKIPM Yogyakarta kepada masyarakat Temanggung, diantaranya adalah menjaga masuk dan tersebarnya hama penyakit ikan ke dalam wilayah NKRI dan antar area secara domestik, melakukan pengendalian mutu hasil perikanan, mensosialisasi Ikan Sehat dan Bermutu, serta penyampaian jumlah paket dan penerima paket. 

“Kami mengajak dan mengenalkan kepada warga Temanggung, khususnya sebagai penerima manfaat kegiatan BMK ini, dengan memberikan 1 ton ikan yang sehat dan bermutu, hal ini sebagai langkah KKP untuk membantu pemenuhan kebutuhan protein bagi masyarakat,” imbuh Edi.

Panggah Susanto menyampaikan, kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian pemerintah membantu masyarakat memenuhi kebutuhan protein hewani asal ikan. (MC TMG/DKPPP;Sv;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top