Iklan Layanan Masyarakat

Kenalkan Hewan dan Tumbuhan Sejak Dini Lewat Mini Zoo In My School

Minggu, 28 Mar 2021 17:41:20 2567

Keterangan Gambar : Kegiatan Mini Zoo In My School SD Islam Qur'ani.


Temanggung, MediaCenter- Untuk lebih mengenalkan dan menumbuhkan rasa sayang terhadap hewan dan tumbuhan, siswa-siswi SD Islam Qur'ani mengikuti  kegiatan Mini Zoo In My School. Kegiatan ini juga dilaksanakan untuk memberikan edukasi tentang perkembangbiakan hewan.

Dalam kegiatan ini, siswa-siswi SD Islam Qur'ani Temanggung diajak mengenal beberapa jenis hewan, seperti unggas, burung, ikan, reptil dan juga hewan piaraan lainnya. Selain itu, juga tumbuh tumbuhan, khususnya yang sering dijumpai seperti bunga, pohon buah-buahan dan tumbuh-tumbuhan lainnya. 

Menurut Kepala Sekolah SD Islam Qur'ani, Kuni Adibah yang ditemui disela-sela kegiatan Sabtu (27/3/2021),  menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah puncak tema sebuah pembelajaran bagi siswa. Puncak tema sendiri merupakan  akhir dari pembelajaran tematik di kelas. 

“Kegiatan puncak tema bisa dilakukan di outdoor maupun indoor, kegiatannya tergantung tema, puncak tema mengajak untuk anak-anak praktikal life style. Kebetulan ini  tema 7 mengenal tanaman, hewan dan benda-benda sekitar. Untuk kali ini, kita lakukan dengan kegiatan Mini Zoo In My School dengan menghadirkan sejumlah hewan ke sekolah,” terangnya. 

Ditambahkan oleh Kuni, tujuan kegiatan ini adalah agar anak- anak lebih paham tentang materi pelajaran tentang mahluk hidup. Jika  mereka melihat, mengamati dan berinteraksi langsung, harapannya tumbuh rasa sayang dan kepedulian terhadap sesama mahluk hidup, khususnya hewan dan tumbuh-tumbuhan . 

“Bagi anak-anak, menyaksikan hewan adalah suatu kesenangan tersendiri, rasa penasaran mereka senantiasa akan menciptakan rasa ingin tahu dan penasaran, tentunya dengan berinteraksi langsung dengan hewan maupun tumbuhan akan semakin paham tema pembelajaran tentang mahluk hidup. Selain lebih paham materi juga menumbuhkan kepedulian dan rasa sayang,” imbuhnya. 

Kegiatan Mini Zoo In My School, disambut antusias oleh siswa-siswi SD Islam Qur'ani, salah satunya adalah Faiz siswa Kelas 2. Faiz mengaku sangat senang, karena bisa melihat dan memegang sejumlah hewan, seperti kura-kura, hamster dan ikan. 

“Suka sekali, karena bisa pegang hewan yang tidak dimiliki dirumah, seperti kura-kura, hamster dan juga burung, ini seperti belajar di kebun binatang," ungkapnya penuh antusias. (MC TMG/Bima;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top