Iklan Layanan Masyarakat

Kementerian PUPR Adakan FGD Penyusunan Strategi Pembangunan

Kamis, 10 Sep 2020 20:16:52 999

Keterangan Gambar :



Temanggung, Media Center- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Wilayah Jawa Tengah menyelenggarakan Focus Group Disscusion (FGD) Penyusunan Strategi  Pembangunan dan Penyusunan Rencana Program Investasi Jangka Menengah (RPIJM). 
Acara yang diikuti oleh kelompok kerja Perusahaan Kena Pajak (PKP) dari Kabupaten Wonosobo, Temanggung, Purworejo dan Kebumen ini berlangsung di Hotel Atria, Kota Magelang pada Rabu (09/09/2020).

Agenda ini diadakan dalam rangka pendampingan Penyusunan Strategi Penyelenggaraan Kawasan Pemukiman (SPKP) oleh Bidang Cipta Karya tim Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Tengah. Setelah pembukaan acara pada pukul 08.30 WIB, tim BPPW Jawa Tengah memberikan paparan tentang kegiatan pembinaan penyelenggaraan PKP serta penjelasan mekanisme desk kerja. 

FGD diteruskan dengan presentasi kegiatan penyelenggaraan PKP tiap kabupaten serta pemaparan evaluasi progress oleh tim SPKP. 

Pokja PKP kabupaten melaporkan progres pelaksanaan tindak lanjut Permen PUPR 20/2020 mengenai Penyusunan Peraturan Daerah (Perda) Kumuh. Selain itu, hal yang menjadi fokus dalam FGD ini adalah kegiatan pembangunan sanitasi, penyediaan air minum serta pengembangan sarana pendidikan olahraga dan pasar.

Salah satu peserta kegiatan yang berasal dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten  Temanggung, Agustinus (37) meyambut baik dan mengapresiasi kegiatan ini.
"Dengan dilaksanakan sosialisasi ini lebih membuka kesempatan untuk melaksanakan tupoksi dan semoga usulan - usulan dari daerah dapat terealisasi dengan anggaran dari APBN, karena tidak mungkin dianggarkan dengan APBD, " katanya. 

Data dan informasi yang tersedia dalam bentuk literal maupun spasial hasil FGD ini nantinya akan dijadikan kerangka instrumen dalam pelaksanaan rencana dan penyelenggaraan kawasan pemukiman terpadu. 
Penajaman arahan lokasi berdasarkan prioritas pembangunan menjadi dasar acuan peraturan pengembangan infrastruktur kawasan pemukiman. 

Menjadi pembahasan terakhir dalam agenda ini adalah penyusunan strategi pembangunan dari RPIJM. (MC.TMG/Fatma;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top