Iklan Layanan Masyarakat

Keluarga Keren Cegah Stunting Jadi Tema Harganas 2021

Selasa, 29 Jun 2021 16:15:07 602

Keterangan Gambar : DPPPAPPKB Kabupaten Temanggung mengikuti Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-28 Tahun 2021 secara virtual , Selasa (29/6/2021).


Temanggung, MediaCenter -  Bertempat di Ruang Gajah Pendopo Jenar Komplek Kantor Bupati Temanggung, Selasa (29/6/2021), Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPPAPPKB) Kabupaten Temanggung mengikuti Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-28 Tahun 2021 secara virtual. Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Kesehatan, Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPEDA), dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Temanggung. 

Peringatan Harganas ke-28 Tahun 2021 mengambil tema “Keluarga Keren Cegah Stunting”, selain dilaksanakan peringatan Harganas juga dilaksanakan launching vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil, Ibu menyusui dan anak usia 12-18 tahun.

Wakil Presiden RI Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma'ruf Amin dalam amanatnya menyampaikan bahwa ketahanan keluarga adalah hal yang memungkinkan terciptanya Sumber Daya Manuasi (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing. SDM unggul berasal dari keluarga hebat yang mempunyai ketahanan keluarga yang mumpuni yang selalu saling asah asih dan asuh sesama anggota keluarga. Semakin baik ketahanan keluarga semakin baik pula kemampuan keluarga menghadapi perubahan akibat pandemi dan paska pandemi. 

“Untuk melalui masa sulit ini hendaknya keluarga Indonesia jangan berputus asa dan kita dapat melalui masa sulit ini dengan menyatukan hati dan bekerja bersama untuk menumbuhkan semangat baru dari keluarga dan untuk keluarga,” ungkap Wapres.

“Pada Januari 2021, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo telah mengamanatkan BKKBN untuk memimpin pelaksanaan program pengurangan stunting. Untuk itu, Presiden menargetkan angka stunting turun dari 27,6% menjadi 14% pada tahun 2024,” tambahnya.

Dalam rangka menyemarakkan Harganas 2021, DPPPAPPKB Kabupaten Temanggung mengadakan kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) dan Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja untuk menyampaikan informasi tentang pola asuh melalui delapan fungsi keluarga. Hal ini disampaikan Kepala DPPPAPPKB Woro Andijani disela-sela acara peringatan Harganas secara virtual. 

“Selain itu, kegiatan yang dilakukan Bidang Keluarga Berencana dalam rangka Harganas adalah bakti sosial pelayanan KB. Karena bertepatan juga dengan HUT Bhayangkara, pihaknya menggandeng Polres Temanggung dalam mengadakan bakti sosial pelayanan KB pada 24 Juni. Serentak diadakan dimasing-masing Puskesmas dan fasilitas kesehatan lainnya,” ungkap Wara.

"Semua kegiatan dilakukan dengan protokol kesehatan. Sebelum dipasang alat kontrasepsi di rapid dulu. Bagi calon akseptor yang negatif langsung dipasang entah itu implan, suntik, pil dan sebagainya. Jadi yang dilayani yang sudah lolos rapid antigen. Sehingga bisa melindungi tenaga kesehatan dan akseptornya tanpa dipungut biaya alias gratis," jelasnya.

Kegiatan kelompok BKB dilakukan sejak 1 Juni 2021 hingga 25 Juni 2021 di 4 posyandu di empat kecamatan yang dipilih menjadi lokus stunting. Tujuannya memantau dan melihat lebih dekat kegiatan posyandu di lapangan. Sedangkan kegiatan PIK Remaja, diserahkan kepada forum genre yang berisikan anak-anak muda yang akan terus mengkampanyekan pentingnya menyiapkan kehidupan keluarga yang terencana. (MC.TMG/pakdhe;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top