Iklan Layanan Masyarakat

Kegiatan Susur Kali Pacar, Wujud Sinergi Semua Elemen Masyarakat

Senin, 21 Sep 2020 16:22:22 1113

Keterangan Gambar : Kegiatan WCD di Kali Pacar ini melibatkan semua komunitas yang ada di wilayah Kecamatan Tlogomulyo, baik TNI, Polri , ANSOR, Banser, Fatayat, Muslimat dan berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Temanggung


Temanggung, Media Center – Pada Hari Minggu (20/09) dilaksanakan kegiatan susur dan bersih-bersih sungai yang merupakan salah satu kegiatan dalam rangka memperingati World Cleanup Day (WCD)  di Kabupaten Temanggung. Salah satunya dilaksanakan di sungai  yang melintas di wilayah Kecamatan Tlogomulyo, yaitu Kali Pacar, Dusun Ndelok, Desa Pagersari.
Pemilihan Kali Pacar ini tidak lepas dengan keberadaan Tempat Pembuangan Sampah (TPS)  Desa Pagersari yang terletak di pinggir sungai, sehingga membuat banyak sampah yang masuk ke aliran sungai. Hal ini diungkapkan oleh Camat Tlogomulyo Agus Sri Sudiyanto.
“Untuk Desa Pagersari ini kita prihatin memang dengan adanya TPS  yang ada di pinggir sungai ini. Kita minta desa untuk nanti dibongkar, kemudian diganti di tempat yang lebih memungkinkan. Dan itu segera nanti InyaAllah akan segera terealisasi, sehingga pemandangan di pinggir jalan menjadi indah,” ungkapnya.
Kegiatan WCD di Kali Pacar ini melibatkan semua komunitas yang ada di wilayah Kecamatan Tlogomulyo,  baik TNI, Polri , ANSOR, Banser, Fatayat, Muslimat dan berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Temanggung terkait pengangkutan sampah residu  yang tidak dapat didaur ulang maupun tidak bernilai ekonomis untuk dibawa ke tempat Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sanggahan.
Agus berharap semua unsur, semua elemen bersinergi bahu membahu untuk mewujudkan Temanggung Bebas Sampah. 
“Pada hari ini kita bersama-sama melaksanakan susur sungai. Dimana kalau kita melihat yang ada di hadapan kita, sungai yang ada di sini ini membawa keberatan kita semuanya. Semoga dengan kegiatan ini nanti, tidak hanya kegiatan sesaat, tapi tetap kita wujudkan Temanggung Yang Bersih,” terangnya.
Ia juga berterimakasih atas kepedulian semua unsur yang telibat pada kegiatan WCD di Kecamatan Tlogomulyo ini, mengingat ia baru menjabat selama dua minggu dan menjadi tantangan tersendiri  untuk dapat menyadarkan pada masyarakat akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya, akan pentingnya mengelola sampah. Saat ini sampah tidak sekedar dibuang,  tetapi dikelola, mana-mana yang bisa dimanfaatkan lagi. 
“Terimakasih atas kepedulian kita semuanya dari semua unsur, semua elemen, semua organisasi hadir disini kepedulian kita untuk kebersihan Temanggung secara umum. Mari kita perbaiki perilaku kita semuanya untuk tidak membuang sampah sembarangan, dan kita manfaatkan yang memang bisa dimanfaatkan. Terimakasih dan dengan hari ini kita memperingati WCD, semoga menjadi tonggak bagi kita untuk semakin mewujudkan Temanggung Yang Bersih, yang bebas sampah,” pungkasnya.    (MC.TMG/Eknu;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top