Iklan Layanan Masyarakat

Kabupaten Temanggung Terima Award Gerakan Menuju Smart City

Senin, 03 Jan 2022 12:30:50 48

Keterangan Gambar : Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah Samsul Hadi menghadiri kegiatan penutupan Indonesia Smart City Conference yang dilaksanakan di Hall Nusantara, International Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Banten pada Selasa (14/12/2021).


Tangerang, MediaCenter – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah Samsul Hadi menghadiri kegiatan penutupan Indonesia Smart City Conference yang dilaksanakan di Hall Nusantara, International Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Banten pada Selasa (14/12/2021).

Kegiatan dibuka langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Johnny G. Plate yang hadir secara langsung didampingi Direktur Jenderal (Dirjen) Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan,  Dirjen Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Dr. Ismail dan Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Anang Latif.

Dalam sambutannya, Menkominfo menyampaikan bahwa Kementerian Komunikasi dan Informatika akan terus mendorong penerapan dan pengembangan kota cerdas melalui Gerakan Menuju Smart City. Menurutnya, keberadaan Smart City di Indonesia akan menjawab tantangan kependudukan yang diproyeksikan pada tahun 2045 sebanyak 82,37% populasi akan hidup di pusat perkotaan. 

“Tahun 2021, Kementerian Kominfo juga mengembangkan Smart City menjangkau Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP),” ujarnya.

Lebih lanjut, Menkominfo mendorong pemerintah daerah untuk memanfaatkan teknologi digital, termasuk Internet of Things (IoT) dalam membuat terobosan baru atau smart solution. Sejalan dengan arus digitalisasi, hal itu dibutuhkan untuk meningkatkan produktifitas serta optimalisasi layanan pada masyarakat.

“Gerakan Menuju Smart City adalah sebuah inisiatif bersama antara Kominfo melalui kolaborasi dengan berbagai elemen dalam mendorong pembangunan berbasis smart city di Indonesia. Dalam gerakan ini, Kementerian Kominfo melakukan proses pembimbingan dan pendampingan kepada pemerintah kota dan kabupaten yang terpilih dalam membuat rencana induk atau master plan pembangunan smart city,” jelasnya.

Menkominfo menyampaikan, Gerakan Menuju Smart City telah dimulai sejak tahun 2017. Di tahun 2019 program tersebut telah berhasil memfasilitasi 100 kabupaten dan kota di 23 provinsi dalam menyusun rencana induk atau Master Plan Smart City.

Dalam kesempatan tersebut, Kemkominfo juga memberikan penghargaan (Awarding) kepada 48 kota/kabupaten yang berada pada 10 Kawasan Pariwisata Prioritas Nasional dan Ibu Kota Negara Baru (KPPN IKN).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Temanggung, Samsul Hadi mengatakan, Smart City membutuhkan dukungan dan sinergitas dari semua Organasi Perangkat Daerah (OPD) dan Komunitas IT di Kabupaten Temanggung untuk selalu bisa mencari pemecahan masalah yang inovatif dan solutif dalam rangka memberikan yang terbaik untuk masyarakat Kabupaten Temanggung. 

“Harapan kedepan untuk Kabupaten Temanggung dalam setiap tahapan dan implementasinya kita selalu konsisten dengan Masterplan Smart City yang telah disusun, dan menjadi pegangan kita bersama untuk masing-masing OPD dalam bingkai implementasi Smart City,” tandasnya. (MC TMG/Mrc;Sv;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top