Iklan Layanan Masyarakat

Jalur Pendakian Gunung Sindoro via Kledung Ditutup Sementara

Kamis, 08 Okt 2020 18:57:37 852

Keterangan Gambar : Posko pendakian Gunung Sindoro Sumbing via Kledung.


Temanggung,  MediaCenter-  Jalur Pendakian Gunung Sindoro via Kledung ditutup mulai Tanggal 4-  31 Oktober 2020. Hal ini  diterangkan oleh Anam selaku Tim Posko Kledung saat ditemui Tim MediaCenter Kamis (08/10/2020). 

Anam menjelaskan penutupan ini  terkait dengan adanya perbaikan, pemeliharaan dan perawatan di jalur menuju puncak Gunung Sindoro via Kledung. ”Kita menutup jalur untuk melakukan perawatan dengan membersihkan sampah disetiap pos dan memasang plang anak panah/atau petunjuk arah, jadi setiap pos dan wilayah diberi nama, sehingga dapat membedakan antara pos 1 dengan pos lainnya” ungkapnya.

Penutupan jalur pendakian ini merupakan upaya yang dilakukan oleh tim pengurus Basecamp Gunung Sindoro untuk merevitalisasi  jalur.  Selain itu juga sebagai upaya untuk mengantisipasi kebakaran hutan, karena kemarau yang berkepanjangan.  
“Terkait sosialisasi penutupan jalur pendakian Gunung Sindoro via Kledung sudah kami sosialisasikan lewat pengumuman resmi  melalui papan pengumuman juga melalui media sosial  Instagram  @grasindo_sindoro,“ terangnya.

Disaat penutupan ini, tim pengurus Basecamp Gunung Sindoro juga memanfaatkan waktunya untuk berlatih kesiapsiagaaan mengenai tata cara serta dasar-dasar evakuasi dan penyesuaian prosedur pendakian sesuai dengan pelatihan yang telah didapatkan dari Tim Search And Resque (SAR) Kabupaten Temanggung.

Tim menghimbau kepada para pendaki untuk membawa barang wajib, seperti sleeping bag, jas hujan,  alat penerangan, selain HP dan powerbank, masker minimal empat buah. Tim juga berharap agar para pendaki mencari dan membaca informasi mengenai jalur pendakian, agar saat mendaki sudah siap secara keseluruhan sebelum mulai mendaki. 

“Ketika jalur pendakian sudah kami buka dengan protokol pencegahan Covid-19,  ada beberapa syarat/ prosedur tambahan seperti penggunaan tenda hanya boleh digunakan maksimal 50%  dan membawa masker minimal empat buah,” jelasnya.

Untuk pecinta alam dan para pendaki gunung yang melewati jalur pendakian Gunung sindoro via Kledung  diharapkan mempersiapkan, baik fisik maupun mental sebelum melakukan pendakian, apalagi sekarang mendekati musim penghujan  dan selalu melihat informasi yang telah disosialisasikan oleh tim pengurus basecamp.

“Jadi harapannya dipersiapkan dulu, karena kalau mau naik via Kledung prosedurnya sedikit susah, jadi ketika sampai sini tidak bingung. Kemudian cari tahu informasi mengenai prosedur pendakian via Kledung di instagram kita. Kesiapan keselamatan harus benar benar siap, ketika belum siap seperti fisik kurang fit, logistik kurang tercukupi, maka kita dari tim menyarankan untuk mempersiapkan terlebih dahulu dan belum diperbolehkan naik,” pungkasnya.(MC TMG/Eknu;Navis;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top