Iklan Layanan Masyarakat

Jaga Ekosistem Sungai, BNNK Temanggung Tebar Benih Ikan

Jumat, 24 Mar 2023 05:05:11 373

Keterangan Gambar : Jaga Ekosistem Sungai, BNNK Temanggung Tebar Benih Ikan


Temanggung, Media Center - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Temanggung peduli lingkungan dengan menebar benih ikan di Sungai Lutut wilayah Kecamatan Candiroto.

Kepala BNNK Temanggung AKBP Triatmo Hamardiyono mengatakan, penebaran benih ikan ditujukan untuk menjaga ekosistem dan menambah populasi ikan di perairan Sungai Lutut.

Dikatakan, pelepasan benih ikan dalam rangka HUT ke-21 BNN RI yang ditujukan untuk menciptakan ketahanan pangan dan ketahanan keluarga di Desa Bersih Narkoba (Bersinar). 

"Kami dari BNN peduli lingkungan dan menebar benih ikan. Ikan yang ditebar jenis nila," kata AKBP Triatmo Hamardiyono, Kamis (23/3/2023). 

Ia mengatakan, penebaran benih ikan dinilai sangat penting, karena dapat menambah pasokan dan stok ikan dan juga sebagai upaya pengembalian ekosistem biota air sungai di Sungai Lutut.

BNN berkomitmen untuk menjaga kelestarian sumber daya perikanan air tawar di Temanggung. Maka itu, pihaknya meminta masyarakat untuk tidak menangkap ikan dengan cara-cara yang dilarang seperti menyetrum, potas dan meracun, sebab melanggar aturan dan ada hukuman pidananya.

Ia menyampaikan, ikan yang ditebar bisa dimanfaatkan oleh warga dengan dikonsumsi, sehingga dapat menambah gizi keluarga.

Maksudnya, warga  bisa mengkonsumsi ikan yang ditangkap, sehingga dapat meningkatkan Angka Konsumsi Ikan (AKI) di Kabupaten Temanggung.

Jika AKI nya bagus, dan tentunya masyarakat banyak mengkonsumsi ikan.  Ikan sendiri sangat bermanfaat, yakni gizi protein yang tinggi dan omega 3 nya tinggi bisa berdampak pada peningkatan kecerdasan, kesehatan dan kekuatan anak.

Selain di Sungai Lutut, penebaran benih ikan dilakukan di sejumlah titik di Kabupaten Temanggung. 

Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNK Temanggung, Soni Hendrawan mengatakan, benih ikan yang ditebar sebanyak 2000 ekor. 

Dalam penebaran ikan ini, BNNK  bekerjasama dengan desa setempat dan komunitas pencinta lingkungan di Kabupaten Temanggung serta masyarakat.

"Merekalah yang  diharapkan akan menjaga lingkungan termasuk ikan," katanya. 

Ia mengatakan, ada korelasi antara menjaga lingkungan dengan pencegahan dalam penyalahgunaan narkoba. Dengan fokus pada pelestarian lingkungan, warga akan terlupakan atau terbebas dari narkoba. (MC.TMG/aiz;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top