Iklan Layanan Masyarakat

Jadi Sekolah Penggerak, SMAN 2 Temanggung Pamerkan Karya Inovasi Siswa

Kamis, 21 Apr 2022 16:46:18 1049

Keterangan Gambar : SMA Negeri 2 Temanggung  menggelar pameran kewirausahaan hasil karya inovasi para siswanya


Temanggung, MediaCenter - SMA Negeri 2 Temanggung  menggelar pameran kewirausahaan hasil karya inovasi para siswanya. Pameran ini merupakan bagian dari dicanangkannya SMAN 2 Temanggung sebagai sekolah penggerak. Selain itu, juga dari implementasi siswa mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

Menurut Kepala SMAN 2 Temanggung, Bambang Heryanto, kegiatan yang berlangsung selama sehari, Rabu (20/4/2022), merupakan salah satu program proyek sekolah penggerak.

“Ini merupakan gelar karya proyek ketiga, dengan mengambil tema berwirausaha di usia muda,” terangnya. 

Bambang juga menjelaskan, hasil karya yang dipamerkan dan dibazarkan merupakan murni hasil karya Siswa SMAN 2 Temanggung. Mulai dari perencanaan, pembuatan dan pengemasan hingga pemasaran dilakukan oleh para siswa.

“Kegiatan ini bagian dari upaya mewujudkan Profil Pelajar Pancasila,” ujarnya. 

Dalam Profil Pelajar Pancasila, Bambang menjelaskan, harus ada enam dimensi yang harus dicapai setiap siswa, yaitu keimanan/ketakwaan, kreatif, kritis, bergotong royong, mandiri dan berpikiran global.

“Kegiatan semacam ini secara langsung atau tidak langsung mengajarkan siswa untuk mencapai enam dimensi tersebut,” terangnya. 

Adapun pameran karya inovasi siswa ini menampilkan hasil karya setiap siswa Kelas X. Hasil karya siswa ini, umumnya berupa kerajinan tangan dari bahan bekas dan juga  makanan dan minuman. 

Salah satu siswa SMAN 2 Temanggung, Zahra Adelia Putri   mengaku sangat senang dengan adanya program belajar kewirausahan. Pasalnya, program ini mengajarkan siswa untuk lebih kreatif dan inovatif.

“Saya membuat hiasan dari kain goni, ada jam dinding, hiasan dinding, prosesnya kira-kira 5 sampai 6 jam, idenya setelah melihat youtube, terus minta bimbingan para guru, dan sekarang senang bisa ikut pameran,” pungkasnya. (MC.TMG/dn;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top