Iklan Layanan Masyarakat

IGA 2022 Masuk Tahap Verifikasi Lapangan

Jumat, 02 Des 2022 16:25:20 312

Keterangan Gambar : IGA 2022 Masuk Tahap Verifikasi Lapangan


Temanggung, MediaCenter - Pemerintah Kabupaten Temanggung menerima kunjungan dewan juri dalam rangka validasi lapangan Innovative Government Award (IGA) 2022 oleh Kementerian Dalam Negeri RI (Kemendagri), Jumat (2/12/2022).

Dalam kegiatan validasi lapangan tersebut, Kemendagri mengirimkan dua orang dewan juri, yaitu Dr. Wawan Mas'udi selaku Dekan Fisipol UGM dan Listian Widyaswati, Analis Kebijakan Ahli Pertama BPSDM Kemendagri.

Kegiatan kunjungan dilaksanakan di beberapa lokasi, yaitu di Desa Kleseman, Kecamatan Wonoboyo, lokasi produksi pasta Shibiru, kemudian dilanjutkan ke Desa Ganduwetan, Kecamatan Ngadirejo yang merupakan lokasi pewarnaan Shibiru, dan dilanjutkan ke Pendopo Pengayoman.

Hadir menyambut dewan juri di Pendopo Pengayoman, Bupati Temanggung HM. Al Khadziq, Ketua TP PKK Eni Maulani Saragih HM Al Khadziq, Ketua DPRD Temanggung Yunianto, Ketua Komisi B DPRD Temanggung, Kepala Perangkat Daerah terkait, Camat Ngadirejo dan Wonoboyo, serta jajaran lainnya.

Dalam wawancara, Dr. Wawan Mas'udi memberikan tanggapan positif terhadap Shibiru.

"Shibiru ini merupakan inisiasi yang dikembangkan oleh masyarakat, tetapi dalam prosesnya mendapat dukungan yang kuat dari pemerintah termasuk berkolaborasi dengan beberapa pihak," ungkapnya. 

Wawan Mas'udi lanjut menjelaskan, bahwa Shibiru dinilai bukan hanya sebagai produk pewarna biasa, namun sesuatu yang dapat dikaitkan dengan sustainability lingkungan. 

"Kita tahu bahwa kita menghadapi berbagai persoalan lingkungan, khususnya dengan produk-produk semacam ini. Dari sisi sosial dan ekonomi, Shibiru ini menjadi bagian dari pemberdayaan ekonomi masyarakat," lanjutnya. 

Bupati HM. Al Khadziq menyampaikan harapannya, terkait penilaian Innovative Government Award 2022.

"Temanggung ini sudah masuk 12 besar dari 580 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Dari Kemendagri akan diambil 10 besar dan Temanggung ada di ranking 6. Semoga betul saja kita tidak hanya di 12 besar tetapi 6 besar. Syukur-syukur nanti bisa naik menjadi 1 besar," katanya. 

Bupati lanjut menjelaskan, bahwa ada banyak inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Temanggung, namun untuk tahun ini yang diajukan adalah Shibiru dan e-BPHTB dari BPKPAD. (MC.TMG/adi;wll;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top