Iklan Layanan Masyarakat

HUT Pertama Pastakaran Berlangsung Meriah.
Umum Sosial Kebudayaan Dan Pariwisata Pendidikan Ekonomi INSANIF PUSKOMKREF Sistem Informasi Desa (SID) PPID STATISTIK INFORMATIKA KOMUNIKASI KOMINFO Agenda OPD SEPUTAR TEMANGGUNG BERITA NASIONAL hoax terkini


HUT Pertama Pastakaran Berlangsung Meriah. admin 10 Feb 2020 28
Blog single photo

Temanggung, Media Center. Seperti biasa, kegiatan Pasar Tani Pekarangan atau sering disebut dengan Pastakaran diminggu pertama setiap bulannya digelar di halaman Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Temanggung, Jumat (7/2/2020).
Namun ada yang berbeda dengan Pastakaran sebelumnya, Jumat 7 Februari 2020 ini bertepatan dengan 1 (satu) tahunnya Pastakaran. Sejak bulan Februari 2019 kegiatan ini telah dijalankan oleh Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Temanggung bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan. Pastakaran merupakan kegiatan yang menggerakkan seluruh komponen masyarakat untuk menciptakan gerakan tani pekarangan serta menyiapkan hilirisasinya. Jadi ini merupakan lapak-lapak yang diisi oleh hasil-hasil pertanian dan olahannya dari Kabupaten Temanggung.
"Pada momentum ini kita senantiasa berharap dan senantiasa memotivasi buat kita semuanya seluruh masyarakat Indonesia, karena kami selaku Tim Penggerak PKK Kabupaten Temanggung juga mempunyai program Hatinya PKK selaras dengan Tani Pekarangan yang digerakkan ataupun merupakan program dari bapak Bupati Temanggung," demikian disampaikan Denty Eka Widi Pratiwi selaku Ketua TP PKK Kabupaten Temanggung.
Selain menawarkan produk tani pekarangan, kemeriahan ulang tahun Pastakaran juga ditambah stand-stand pendukung, seperti posko kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung dan Perpustakaan Keliling dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Temanggung. Tidak hanya itu, stand Badan Pusat Statistik juga ikut berdiri di acara Pastakaran sekaligus mensosialisasikan kegiatan Sensus Penduduk 2020 yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.
Ulang tahun Pastakaran dimulai dengan senam masal yang diikuti seluruh kelompok PKK dari berbagai kalangan, serta warga Temanggung lainnya. Kemeriahan juga ditambahkan dengan Lomba Ngeksis atau selfie di Pastakaran dan terdapat tarian tradisional serta diadakannya pemotongan tumpeng hingga Kembul Bujono bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Temanggung.
“Untuk itu harapan kedepan semoga pasar-pasar tani diseluruh Kabupaten Temanggung dapat tercipta dimanapun berada, sehingga mendekatkan hilir yang kita gerakkan dimanapun tempat ditiap kecamatan bahkan di desa-desa merupakan suatu wujud kekuatan dan gerakan ekonomi dari masyarakat yang bersumber dari sumberdaya yang ditanam dan dibudidayakan di pekarangan kita masing-masing," imbuh Denty.
Denty berharap jika Pastakaran ini merupakan suatu kekuatan yang sangat besar dan semoga semuanya bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. 
"Kita mulai dari diri kita sendiri paling tidak untuk mencukupi kebutuhan gizi dan kebutuhan keluarga masing-masing dan juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.
Semoga setahun ini menjadikan motivasi juga untuk kita semuanya untuk lebih menularkan virus tani Pekarangan dimanapun kita berada. Terima kasih, selamat ulang tahun yang pertama untuk tani pekarangan. Sukses selalu dan berdaya petani Indonesia," Imbuh Denty Eka Widi Pratiwi. (MC TMG/penulis:cahya,editor:ekape)

Recent Comments

Tinggalkan Komentar

Top