Iklan Layanan Masyarakat

Hoaks KTP Pelaku Bom Bunuh Diri di Kartasura, Begini Faktanya!

Rabu, 19 Jun 2019 14:13:53 852

Keterangan Gambar :


Jakarta, Kominfo - Sehari sebelum memasuki Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Warga Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah dikejutkan dengan peristiwa bom bunuh diri oleh pelaku yang diduga bernama Nur Rohman. 

Pasca ledakan yang terjadi di Pos Polisi Tugu Kartasura itu, beredar hoaks dengan tampilan foto KTP Nur Rohman yang diklaim sebagai pelaku bom bunuh diri tersebut.

Plt Karo Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu mengatakan, hasil penelusuran yang diterima Tim Ais Kominfo, diketahui bahwa Nur Rohman bukanlah pelaku atas dugaan kasus bom bunuh diri tersebut. 

"Warga atas nama Nur Rohman bukan pelaku bom bunuh diri di Pos Polisi Kartasura, seperti yang viral di media sosial," kata Ferdinandus di Jakarta, Selasa (04/06/2019).

Ferdinandus menjelaskan, foto KTP pelaku insiden bom bunuh diri yang disebar sebagai hoaks adalah milik pelaku bom bunuh diri pada tahun 2016.

“KTP itu adalah milik pelaku bom bunuh diri di Markas Polresta Surakarta, Jawa Tengah yang terjadi

pada pukul 07:45 WIB pada Selasa, 5 Juli 2016 lalu,” jelasnya.

Konten hoaks lain yang beredar di media sosial ada narasi sebuah mobil berlogo Gerindra, serta bergambar Prabowo-Sandi mengalami kecelakaan. Ferdinandus Setu mengatakan, foto tersebut tersebar dengan narasi: mobil naas jatuh dari jembatan layang arah Surabaya. 

“Mobil itu tidak mengalami kecelakaan di jembatan layang arah Surabaya. Tapi mengalami kecelakaan di jurang Dusun Sugro, Andonosari, Tutur, Kabupaten Pasuruan Jawa Timur pada tahun 2016 silam,” ungkapnya 

Faktanya juga, keadaan asli dari mobil tersebut tidak memiliki bodi berlogo Partai Gerindra, maupun gambar Prabowo-Sandi. Juga tidak berhubungan dengan partai Gerindra. Diketahui bahwa mobil itu berisi 8 mahasiswa Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada yang berwisata ke Gunung Bromo. 

Berikut rincian lengkap laporan isu hoaks harian tanggal 4 Juni 2019 oleh Tim AIS Kementerian Kominfo.

1. Produk Semen Tercemar Limbah B3

2. KTP Pelaku Bom Bunuh Diri di Tugu Kartasura a.n Nur Rohman

3. Dua Mobil Pendukung Prabowo Nekat Mudik Susuri Jalan Sawah

4. Pengidap Diabetes Tidak Boleh Mengkonsumsi Karbohidrat

5. Mobil Gerindra Alami Kecelakaan

6. Supir Ambulans Gerindra Merangkap Pedagang Warung yang Dijarah

7. Finger Heart Gesture Simbol Salib

8. Sekitar Satu Juta Muslim Uighur Dibunuh di Cina, Luhut: RI Bisa Apa? Kita Bergantung Pada Cina **

Pencarian:

Komentar:

Top