Iklan Layanan Masyarakat

[HOAKS] Kapal Perang dari Sejumlah Negara Datang untuk Menjatuhkan Bom di Indonesia

Senin, 24 Jun 2019 08:29:01 1278

Keterangan Gambar :


Penjelasan :

Gambar-gambar kedatangan kapal perang dari sejumlah negara di beberapa pelabuhan di Indonesia beredar di media sosial. Sebuah akun menarasikan bahwa kedatangan kapal-kapal perang itu untuk menghujani Indonesia dengan bom serta mengaitkan dengan gejolak pemilu 2019.

Berdasarkan penelusuran fakta oleh cek fakta tempo, diketahui bahwa kapal-kapal tersebut memang benar datang ke Indonesia, akan tetapi tidak berkaitan dengan isu pemilu 2019 apalagi bertujuan untuk menjatuhkan bom, informasi tersebut tentu hoaks dan menyesatkan. Adapun kapal perang dari Australia, HMAS Canberra dan HMAS NewCastle tiba di Pelabuhan Tanjung Priok pada 18 Mei 2019 sebagai bagian dari kunjungan Gugus Tugas Indo-Pacific Endeavour 2019 Angkatan Bersenjata Australia ke Indonesia. Lalu Pesawat tempur milik Angkatan Laut Francis mendarat darurat di Lanud Aceh karena di sekitar kapal induk Charles De Gaule yang menjadi base pesawat dan berada di 100 Nm barat Sumatera diselimuti cuaca buruk. Sementara Angkatan Laut Amerika Serikat, USS Blue Ridge, bersandar di Tanjung Priok pada 1-5 Mei 2019 merupakan salah satu bagian dari rangkaian peringatan 70 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Amerika Serikat (AS).

Link Counter:

https://cekfakta.tempo.co/fakta/289/fakta-atau-hoaks-benarkah-kapal-perang-dari-sejumlah-negara-datang-untuk-menjatuhkan-bom-di-indonesia?fbclid=IwAR0quAbrDMrHNdIWKZqMtry0Ua_qR9v_OGIITAaLOSkf9c7SARCjc5p3geA

Pencarian:

Komentar:

Top