Iklan Layanan Masyarakat

[HOAKS] Bantuan Voucer Pulsa untuk Masyarakat Terdampak Covid-19 Mengatasnamakan BSSN

Rabu, 27 Apr 2022 10:10:41 2369

Keterangan Gambar : Tangkapan layar pesan berantai Telegram berisi pemberitahuan terkait bantuan voucer pulsa senilai Rp1.200.000 untuk masyarakat terdampak Covid-19 yang mengatasnamakan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)


Penjelasan :

Beredar pesan berantai Telegram berisi pemberitahuan terkait bantuan voucer pulsa senilai Rp1.200.000 untuk masyarakat terdampak Covid-19 yang mengatasnamakan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Pada saat pesan tersebut ditanggapi maka pengirim pesan akan menanyakan nomor telepon yang terhubung dengan akun WhatsApp dan Telegram. Setelah mendapatkan nomor telepon tersebut, pengirim pesan akan meminta korban untuk mengakses suatu tautan yang akan meminta 5 digit angka.

Faktanya, dilansir dari situs resmi bssn.go.id, Biro Hukum dan Komunikasi Publik BSSN mengklarifikasi bahwa pesan tersebut merupakan upaya penipuan yang menggunakan teknik social engineering. BSSN mengimbau masyarakat tidak terburu-buru mengikuti perintah tersebut karena 5 digit angka tersebut tidak boleh diberikan kepada siapapun, termasuk kepada pihak yang mengaku dari Telegram mengingat 5 digit angka tersebut merupakan kode akses untuk login ketika seseorang membuka akun Telegram dari perangkat lain (komputer atau ponsel). Fungsi kode tersebut adalah untuk memverifikasi keaslian dan keamanan pemilik akun saat membuka Telegram dari perangkat lain. Penipuan yang menggunakan teknik social engineering tersebut bertujuan untuk mengambil alih akun sehingga bisa disalahgunakan oleh si pengirim pesan untuk melakukan modus penipuan dengan menghubungi berbagai nomor kontak yang tersimpan di dalam ponsel korban.

KATEGORI: HOAKS

Link Counter:

-https://bssn.go.id/waspadai-penipuan-menggunakan-teknik-social-engineering-mengatasnamakan-bssn-dan-telegram-melalui-aplikasi-telegram-dan-whatsapp-menggunakan-hoaks-isu-bantuan-voucer-pulsa-komunikasi-untuk-masyarakat/

-https://www.instagram.com/p/Ccj5-ZqrG38/

-https://www.facebook.com/photo/?fbid=352698896895149&set=a.22484113968092

Pencarian:

Komentar:

Top