Iklan Layanan Masyarakat

Hindari Makan Sebelum Yoga

Senin, 26 Okt 2020 12:35:24 121

Keterangan Gambar :


Temanggung, MediaCenter - Peserta yoga kadang merasakan pusing dan mual saat melakukan beberapa gerakan. Juga merasakan sakit pada bagian tubuh tertentu, terutama bagi pemula. Agar tetap aman dan sehat saat beryoga, Retno Dewi, seorang instruktur yoga di Temanggung, Jawa Tengah menyarankan sejumlah tips.

Dewi mengatakan, untuk mencegah pusing dan mual saat yoga, peserta disarankan untuk tidak sarapan dengan makanan yang berat dan minum minuman manis. Makanan dan minuman manis yang dikonsumsi sebelum latihan yoga akan membuat peserta merasakan pusing dan mual.

“Ada baiknya jika hanya memakan pisang, meminum teh hangat tawar atau tanpa pemanis, atau hanya minum air putih saja untuk mencegah pusing dan mual. Setelah yoga, disarankan makan setelah pukul 12.00 WIB untuk menjaga tubuh tetap bagus,” papar Dewi, Senin (26/10/2020). 

Bagi penderita darah rendah maupun darah tinggi, Dewi tidak menganjurkan melakukan gerakan-gerakan tertentu. Terutama yang harus menggunakan tangan dan kepala sebagai tumpuan, dengan mengangkat badan dan kaki di atas. Diantaranya gerakan handstand, shoulder stand, dan headstand.

Sebagai seorang instruktur, Dewi selalu mengamati, mempelajari kondisi tubuh para peserta yoga, terutama mereka yang baru, atau pemula. Ia memperhatikan usia dan ketahanan tubuh masing-masing orang yang kondisinya berbeda.

“Jika peserta yoga sudah berumur, saya tidak menganjurkan untuk melakukan pose-pose tertentu yang sulit, karena ketahanan otot-ototnya sudah berkurang. Berbeda jika pesertanya masih muda, bolehlah mencoba pose-pose tertentu,” ungkap Dewi.(MC.TMG/Tosiani;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top