Iklan Layanan Masyarakat

Hari Pahlawan Jadi Inspirasi Kalahkan Kemiskinian dan Kebodohan

Rabu, 10 Nov 2021 13:28:15 161

Keterangan Gambar : Bupati HM Al Khadziq menjadi inspektur upacara Hari Pahlawan di halaman Kantor Setda, Rabu (10/11/2021).


Temanggung, MediaCenter- Bupati Temanggung HM Al Khadziq menjadi Inspektur Upacara dalam peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021, di halaman Kantor Setda, Rabu (10/11/2021). Kendati sempat diguyur hujan, namun pelaksanaan upacara tetap berjalan dengan baik dan tidak mengurangi semangat para peserta upacara dari berbagai elemen ini. 

Tampak hadir dalam upacara ini antara lain, Wakil Bupati Heri Ibnu Wibowo, Sekda Hary Agung Prabowo, Kapolres AKBP Burhanuddin, Dandim Letkol CZi Kurniawan Hartanto, Kajari I Wayan Eka Miartha, dan lain-lain. 

Bupati membacakan amanat Menteri Sosial mengatakan, negeri ini mengalami penjajahan panjang dan menyakitkan, bahkan selama 350 tahun perlawanan terhadap penjajah acap mengalami kegagalan, lantaran kita terpecah oleh politik devide et impera atau adu domba. 

"Namun para pendiri bangsa kemudian menyadarinya lalu membangun identitas bahwa kita semua bersaudara, sebangsa, setanah air, sadar kita berbeda-beda tapi jangan sampai terpecah oleh perbedaan suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA)," katanya.  

Dikatakan, pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang diperingati sebagai Hari Pahlawan harus dicontoh, dengan satu tekad gigih berjuang pantang menyerah tanpa mengenal perbedaan apapun, serta tidak pernah peduli akan keterbatasan atau halangan. 

Para pahlawan dengan gagah berani memilih melawan bombardir kapal perang, pesawat tempur, tank hanya dengan bambu runcing dan keyakinan tinggi mempertahankan kemerdekaan berbalut semboyan 'Merdeka atau Mati'. 

"Jiwa persatuan yang tidak menanyakan asal-usul dan semangat pantang menyerah inilah yang harus kita resapi, lestarikan sebagai bangsa dalam menghadapi tantangan dan ancaman apapun. Kita adalah anak cucu kandung para pahlawan bangsa. Semangat tekad, dan keyakinan pahlawan harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan kita semua untuk mengemban misi bersejarah mengalahkan musuh bersama yang sesungguhnya, yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti luas. Hal ini sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2021 "Pahlawanku Inspirasiku","katanya.(MC.TMG/ar;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top