Iklan Layanan Masyarakat

Hari Batik Nasional, Enam Puluh Model Pamerkan Batik Temanggung

Minggu, 02 Okt 2022 16:53:31 1043

Keterangan Gambar : Hari Batik Nasional, Enam Puluh Model Pamerkan Batik Temanggung


Temanggung, Media Center – Dalam rangka puncak rangkaian Hari Batik Nasional, pengrajin batik di Kabupaten Temanggung menggelar Parade Batik Temanggung di City Walk Alun-alun, Minggu (2/10/2022).

Dini Rahmawati, Ketua Penyelenggara Parade Batik Temanggung mengatakan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menunjukkan kepada masyarakat luas bahwa Kabupaten Temanggung mempunyai batik yang khas.

“Temanggung itu punya batik dan batik-batik Temanggung itu bisa dipakai oleh seluruh kalangan dari berbagai macam usia, profesi maupun berbagai macam acara”, ungkapnya.

Di Kabupaten Temanggung sendiri, terdapat ratusan pengrajin batik, baik tulis maupun cap. Dini mengatakan, bahwa dalam kegiatan Parade Batik Temanggung tahun 2022 ini hanya diambilkan produk dari 30 pengrajin batik yang dikenakan oleh 60 model dari berbagai profesi, diantaranya perwakilan dari Dharma Wanita Persatuan, Duta Genre, Forum Anak Kabupaten Temanggung, serta beberapa masyarakat.

“Ke depannya, semoga batik bisa lebih diterima oleh seluruh kalangan, semakin banyak masyarakat Temanggung yang memakai batik karya pengrajin Temanggung sendiri dan juga ada sinergitas antara pemerintah, swasta maupun masyarakat dan pengrajin untuk memajukan batik Temanggung secara bersama-sama,” imbuhnya.

Prabowo (62) salah satu warga Temanggung yang yang akrab dipanggil Pak Wo ikut menjadi model dalam Parade Batik Temanggung mengatakan, bahwa even ini merupakan ajang bagi penggiat batik, khususnya Temanggung untuk memperkenalkan kualitas batik Temanggung untuk masyarakat yang lebih luas.

“Mungkin ini bisa menjadi even tahunan, nanti dengan model-model yang akan datang, nanti muncul ide-ide baru dari kawula muda yang lebih berpotensi dan mungkin mereka-mereka yang punya kreasi bisa dituangkan di batik dan pasti nanti bisa lebih dikenal lagi, bisa mendunia nanti,” pungkas Pak Wo. (MC TMG/Chy;Ekp;Ysf) .

Pencarian:

Komentar:

Top