Iklan Layanan Masyarakat

Harga Cabai Alami Kenaikan Dua Pekan Terakhir

Senin, 18 Jan 2021 17:26:26 176

Keterangan Gambar : Penjual cabai di Pasar Temanggung.


Temanggung, MediaCenter - Harga semua jenis cabai di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah melonjak dalam dua pekan terakhir. Kenaikan harga ini hingga mencapai Rp 50 ribuan per kilogram. 

Pantauan harga di Pasar Kliwon Temanggung, Senin (18/1/2021), harga jual cabai yang semula dikisaran Rp 20 ribu sampai Rp 25 ribu per kilogram pada dua pekan lalu, kini tembus Rp 70 ribu hingga Rp 75 ribu per kilogram (kg).

Mariyem (60 th) salah seorang penjual cabai di Pasar Temanggung menyebutkan, cabai rawit merah, cabai rawit hijau semula dijual masing-masing dengan harga Rp 25 ribu per kg. Saat ini dua jenis cabai itu dijual masing-masing dengan harga Rp 75 ribu per kg. 

Komoditas cabai keriting hijau yang semula dipasarkan dengan harga Rp 20 ribu per kg, kini ditawarkan dengan harga antara Rp 40 - 45 ribu per kg. Adapun cabai keriting merah yang semula dihargai Rp 20 ribu per kg, kini dipasarkan dengan harga Rp 50 - 60 ribu per kg.

"Harga dari pemasoknya sudah tinggi, kisaran Rp 40-45 ribu per kg, jadi harga jualnya pun tinggi. Tapi tergantung pembeli juga, kadang ada yang menawar cabai keriting merah Rp 25 ribu per seperempat kilogram. Tapi ada juga yang mau beli dengan harga Rp 30 ribu per seperempat kilogram," katanya.

Ratmi (40 th) pedagang lainnya mengatakan kenaikan harga cabai membuat daya beli masyarakat menurun. Karenanya kebanyakan konsumen mengurangi pembelian. Umpamanya, mereka yang biasa membeli cabai sebanyak satu kilogram, kini mengurangi pembelian menjadi setengahnya saja.

"Karena harganya sudah tinggi, jadi pembeli mengurangi pembelian," katanya.

Ratmi mengaku tidak mengetahui penyebab kenaikan harga cabai. Ia hanya berharap, meskipun dengan harga yang sedang naik, cabai yang ia jual tetap dapat terserap masyarakat. (MC.TMG/Tosiani;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top