Iklan Layanan Masyarakat

Guru SMK 1 Bansari Peroleh Dua Penghargaan Nasional

Jumat, 26 Nov 2021 14:48:38 622

Keterangan Gambar : Aprilia Palupi, Peraih Penghargaan Nasional, dalam Lomba Kompetensi Guru Pertanian 2016 dan Guru Inspiratif di Masa Pandemi 2020.


Temanggung, MediaCenter - Torehan prestasi diraih oleh seorang guru pertanian yang mengajar  SMKN 1 Bansari, bernama Aprilia Palupi. Prestasi tersebut ditunjukkan dengan memperoleh dua penghargaan tingkat nasional, yakni penghargaan dalam Lomba Kompetensi Guru Pertanian 2016 dan Guru Inspiratif di Masa Pandemi 2020.

Ketika ditemui di sekolahnya, Jumat (26/11/2021), Aprilia Palupi dengan merendah berkata bahwa yang diajarkannya sebenarnya sangat biasa, namun dalam memberikan materi, dirinya benar-benar menekankan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja).

“Banyak guru yang belum menerapkan K3, padahal bagi saya, itu sangat penting, tidak bisa ditawar,” jelasnya.

Guru berusia 42 tahun itu menambahkan, dengan pola tersebut membawanya menerima penghargaan dalam lomba kompetensi guru pertanian tingkat nasional. Penghargaan kedua, disampaikannya, diperoleh atas inovasinya menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), sebelum ada pandemi. 

"Awalnya metode jarak jauh itu untuk memantau anak didik saya, karena saat itu saya sering berkegiatan di luar sekolah dan pelatihan-pelatihan," paparnya.

"Setelah itu, metode jarak jauh saya khususkan untuk memberikan materi kebencanaan. Karena sekolah kami berada di bawah gunung, jadi perlu dibekali materi kebencanaan bagi siswa. Saat itu belum pandemi dan belum ada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), saya sudah mulai," katanya.

Ia menjelaskan, setelah pandemi dan pemerintah menerapkan PJJ, siswanya sudah terbiasa dan tidak ada kendala waktu diberlakukan PJJ.

Menurutnya, hingga saat ini, pihaknya masih terus berinovasi untuk memberikan metode yang terbaik bagi pendidikan.

"Saat ini saya menerapkan satu siswa satu produk. Ini untuk bekal mereka ke depan. Ini untuk pelajaran produk kreatif kewirausahaan," tambahnya.
Untuk metode tersebut, ia mendampingi siswa mulai dari perencanaan, penentuan passion, bentuk, brand, packaging, hingga marketing. 

"Hasil produk itu saya minta untuk dipasarkan di medsos dan ditag ke saya. Harapannya, itu bisa buat bekal mereka ketika sudah lulus," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Palupi juga mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telang mendukung inovasi, salah satunya adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. 

"Di masa Pak Ganjar, Pak Gubernur sangat luar biasa, selalu menghargai dan mengapresiasi guru-guru berprestasi dan mendukung juga kegiatan yang dilaksanakan, terutama untuk kemajuan pendidikan Jawa tengah," pungkasnya. (MC.TMG/dn;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top