Iklan Layanan Masyarakat

Gigi Sehat dan Kuat, Bekal Tumbuh Kembang Anak

Sabtu, 24 Apr 2021 22:14:29 668

Keterangan Gambar : Sebanyak 50 anak dibawah tiga tahun (Batita) mengikuti pemeriksaan gigi gratis di Puskesmas Gemawang, Temanggung, Sabtu (24/4/2021).


Temanggung, Media Center - Sebanyak 50 anak dibawah tiga tahun (Batita) melakukan pemeriksaan gigi gratis di Puskesmas Gemawang, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Sabtu (24/4/2021). 

Sukimi, koordinator kegiatan mengatakan pemeriksaan gigi terhadap Batita ini merupakan lanjutan dari pengembangan desa sehat melalui program pengabdian masyarakat dari Poltekkes Semarang dan Organisasi Profesi Persatuan Terapis Gigi dan Mulut Indonesia (PTGMI) Kabupaten Temanggung.

"Kegiatan ini merupakan lanjutan dari program pengembangan desa sehat hasil kerjasama Puskesmas Gemawang dengan program pengabdian masyarakat oleh dosen Poltekkes Semarang, serta Organisasi Profesi Terapis Gigi dan Mulut Temanggung," katanya.

Lebih lanjut Sukimi menegaskan pemeriksaan tersebut penting dilakukan, karena dengan gigi yang sehat dan kuat menjadi bekal tumbuh kembang anak secara optimal.

"Selain pemeriksaan kesehatan gigi Batita, kita juga beri vitamin gigi berupa larutan agar gigi anak tidak mudah sakit dan berlubang. Kalau giginya bagus makannya pun jadi enak. Gizinya baik, tidak terganggu, tumbuh kembang anak jadi baik dan pintar," imbuhnya.

Taryumi (32) salah seorang ibu yang turut memeriksakan gigi anaknya mengaku senang dengan kegiatan tersebut. Selain mengetahui kesehatan gigi anaknya, dirinya juga tahu cara merawat gigi yang baik dan benar.

"Kegiatan ini sangat bagus, karena kita tahu kesehatan gigi anak. Tadi juga dikasih tahu sama bu dokter cara menyikat gigi yang benar," katanya.

Ketua DPC PTGMI Kabupaten Temanggung, Aniek Soelistyowati mengatakan penyebab gigi berlubang pada anak sangat bervariasi, diantaranya adalah mengkonsumsi makanan dan minuman manis, serta kurang menjaga kebersihan dan kesehatan gigi.

Untuk itu, ia berharap orang tua sebaiknnya mengenalkan gaya hidup sehat sejak dini, termasuk dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut.

"Pemeriksaan secara rutin untuk menjaga kesehatan gigi harus dilakukan dengan disiplin, konsisten dan berkelanjutan. Dengan demikian si kecil memiliki gigi yang sehat dan kuat guna menunjang tumbuh kembang anak secara maksimal," pungkasnya. (MC TMG/Firman;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top