Iklan Layanan Masyarakat

Gesbuk Temanggung Salurkan 300 Buku ke Perpustakaan Desa

Jumat, 23 Apr 2021 21:57:35 815

Keterangan Gambar : Dinas perpustakaan dan Kearsipan Temanggung menyalurkan 300 buku kepada perpustakaan desa melalui Program Gerakan Sedekah Buku, Jumat (23/4/2021).


Temanggung, Media Center - Bertepatan dengan Hari Buku dan Hak Cipta Internasional 2021, Gerakan Sedekah Buku (Gesbuk) yang digagas oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dinpusip) Kabupaten Temanggung telah menyalurkan 300 eksemplar buku kepada masyarakat melalui perpustakaan desa.

Kepala Dinpusip Kabupaten Temanggung, Suminar Budi Setiawan, Jumat (23/4/2021) mengatakan Gesbuk bertujuan menyebarluaskan semangat "Berbagai jendela mimpi melalui literasi" untuk masyarakat dan memberi manfaat bagi pemustaka dalam menambah wawasan, ilmu pengetahuan, dan informasi.

"Gesbuk ini adalah program baru dari Dinpusip Kabupaten Temanggung yang menjawab permintaan dari masyarakat dan masukan dari para pemustaka bahwa banyak masyarakat atau pemustaka yang punya kelebihan buku di rumah, karena buku itu telah selesai dibaca kemudian mau diberikan kepada siapa," katanya.

Suminar menuturkan Gesbuk diluncurkan bersamaan program gerakan Layanan Perpustakaan Tanpa Sentuh (Sipatuh) pada 18 Januari 2021.

"Untuk itu Dinpusip melaksanakan program Gesbuk untuk menampung buku-buku yang sudah tidak dibaca lagi oleh masyarakat dan masih bermanfaat, kemudian akan kami bagikan kembali kepada masyarakat melalui perpustakaan desa," imbuhnya.

Ia menyebutkan antusias warga terhadap Gesbuk cukup bagus, karena selama kurun waktu tiga bulan telah terkumpul sekitar 300 eksemplar buku. 

"Hari ini sebagain buku sudah kami serahkan kepada juara perpustakaan desa, yaitu Kelurahan Mudal Kecamatan Temanggung dan Desa Purwosari Kecamatan Kranggan," katanya.

Suminar berharap melalui penyaluran Gesbuk ini dapat menambah koleksi buku yang dimiliki perpustakaan desa. Sehingga masyarakat atau pemustaka lebih variatif untuk memilih buku yang ada di perpustakaan desa. (MC.TMG/Firman;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top