Iklan Layanan Masyarakat

Gerakan Tanam 20.000 Pohon Desa Muncar Moncer

Sabtu, 11 Mar 2023 19:46:09 778

Keterangan Gambar : Gerakan Tanam 20.000 Pohon Desa Muncar Moncer


Temanggung, Media Center - Gerakan penghijauan di Desa Muncar, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung, yang didukung Kementerian PMK, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan PT Astra International Tbk menanam sebanyak 20.000 pohon, Sabtu (11/3/2023).

Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo di Temanggung, menyampaikan apresiasi atas dukungan PT. Astra International dan berbagai pihak yang telah melakukan penghijauan di wilayah Kabupaten Temanggung.

Ia mengatakan, kalau melihat kondisi bumi saat ini semakin tua dan bumi ini semakin rapuh, karena ulah manusia yang tanpa disadari sudah mengeksploitasi bumi sedemikian rupa, baik yang ada di perut bumi, maupun yang ada di permukaan bumi.

"Di permukaan bumi pun tidak hanya di dataran, tetapi juga di laut bahkan di udaranya. Jadi ini keprihatinan kita semua, di satu sisi mungkin dari PT Astra, Kementerian LHK dan juga dari Kementerian PMK sudah berusaha semaksimal mungkin, tetapi di sisi lain ada manusia-manusia serakah yang menjadi potensi hancurnya bumi ini," katanya.
 
Ia menyampaikan, apa pun itu sebagai insan yang taat beragama harus menyelamatkan bumi ini, antara lain dengan melakukan penghijauan ini.
 
"Apa yang kita lakukan untuk menyelamatkan bumi ini, tidak usah kita berpikir orang-orang yang mungkin tidak bertanggung jawab atau tidak peduli dengan bumi ini," katanya. 

Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi beragama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan R. Wijaya Kusuma Wardana menuturkan, Pemerintah Indonesia mendukung penurunan emisi gas rumah kaca yang diselenggarakan PT. Astra Internasional Tbk.

"Pada kesempatan ini kami juga memberikan apresiasi kepada PT. Astra Internasional yang telah berkomitmen mendukung aksi nyata gerakan nasional revolusi mental, terutama aksi nyata dukungan penanaman 10 juta pohon yang telah dicanangkan pemerintah beberapa waktu lalu," katanya.

Ia mengatakan, pada awalnya gerakan tersebut hanya fokus pada kegiatan sektor pendidikan, namun dalam perkembangannya juga mencakup sektor yang lain yang menjadi empat pilar dari pada pilar utama kegiatan gerakan CSR Astra Internasional, yaitu pilar pendidikan, lingkungan hidup, kewirausahaan, dan pilar kesehatan. 

"Kalau bicara revolusi mental tidak hanya berbicara masalah lingkungan hidup, tetapi kita juga bicara kepada seluruh bagaimana kita membentuk karakter yang kuat dan itu harus dimulai sejak anak-anak," katanya.

Head of Environment  Social Responsibility PT. Astra International Tbk Diah Suran Febrianti menyampaikan merupakan saat yang membanggakan bisa melakukan penanaman pohon di Desa Muncar, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung.

Menurutnya, Desa Muncar bukan desa yang baru dikenal, karena sejak tahun 2018, pihaknya bersama pemuda desa mengembangakan komoditas kopi dan pariwisata.

"Pelan-pelan membangun bersama dan hari ini kopi dari Desa Muncar sudah dijual ke restoran-restoran terkenal di kota dan bahkan sudah dikenalkan ke Amsterdam, Belanda.

"Hari ini, kami datang ke sini lagi untuk melihat keindahan Desa Muncar dan kami harapkan keindahan ini terus dinikmati masyarakat sepanjang zaman," katanya. (MC.TMG/fr;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top