Iklan Layanan Masyarakat

Gerakan Belanja Produk UKM Jelang Lebaran

Kamis, 06 Mei 2021 20:46:31 178

Keterangan Gambar : Gerakan Belanja Produk UKM di Gedung UKM Center, Kompleks Gedung Pemuda, Rabu (5/5/2021).


Temanggung, MediaCenter – Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Dinkopdag) Kabupaten Temanggung melakukan Gerakan Belanja Produk UKM yang dilakukan di Gedung UKM Center, Kompleks Gedung Pemuda, Rabu (5/5/2021).

Gerakan ini diinisiasi oleh Gubernur Jawa Tengah perihal promosi produk UKM dalam bentuk paket Lebaran untuk membantu pemasaran dan perluasan produk, agar pelaku UKM bisa bangkit dan semangat dalam pemasaran produknya dengan slogan kampanye “Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia”.

Adi Nurtantio selaku Sekretaris Dindagkop  menyampaikan bahwa selama pandemi, penjualan produk UKM mengalami penurunan. Sesuai inisiasi Gubernur tersebut, Pemerintah Kabupaten Temanggung mengajak seluruh masyarakat untuk membeli produk UKM melalui Surat Edaran Sekda Temanggung, broadcast melalui media whatsapp dan brosur.

“Alhamdulillah respon masyarakat Kabupaten Temanggung sangat baik. Pesanan mengalami kelebihan dari target yang ditentukan, sehingga dari UKMnya sendiri harus menambah volume produknya, karena menjelang Lebaran ini banyak yang membutuhkan,” ungkapnya. 

Adapun katalog produk yang dipromosikan ke masyarakat sebanyak 135 jenis. Terdiri dari makanan dan minuman, baik itu  kopi, madu, snack ringan maupun snack berat. Selama seminggu berjalan, telah mengantongi total omzet 100 juta lebih.

Ditambahkan oleh Kabid Koperasi dan UKM Dinkopdag, Rahma Ningrum Widiapsari bahwa pihaknya juga menyiapkan parsel–parsel yang berisi produk-produk UKM yang siap dikirim ke pemesan, terutama OPD yang ada di Kabupaten Temanggung. 

"Jadi untuk masing – masing OPD kita imbau untuk membeli paket Lebaran minimal satu paket. Paketnya ada 3 jenis, yaitu Rp. 500.000,- Rp. 400.000,- dan Rp. 300.000,-" ungkapnya. 

"Sedangkan untuk ASN dan Non ASN diimbau untuk membeli produk UKM senilai Rp. 100.000,-. Pembelian paket lebaran ini sifatnya tidak memaksa, hanya imbauan dan ternyata hasilnya memuaskan para pelaku UKM," imbuh Rahma. 

Ditambahkan olehnya, dengan adanya Gerakan Belanja Produk UKM ini, dapat membantu meningkatkan perekonomian para pelaku UKM. (MC.TMG/pakdhe;tofa;ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top