Iklan Layanan Masyarakat

Gempa Tektonik M6,6 di Laut Jawa Tidak Berpotensi Tsunami

Sabtu, 15 Apr 2023 08:18:00 775

Keterangan Gambar : Gempa Tektonik M6,6 di Laut Jawa Tidak Berpotensi Tsunami


Temanggung, Media Center - Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami dari BMKG, Daryono menyebutkan telah terjadi gempa bumi tektonik M6,6 di Laut Jawa.

- Kejadian dan Parameter Gempa bumi :

Hari Jumat 14 April 2023 pukul 16.55.44 WIB wilayah Laut Jawa, diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M6,9. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 6,31° LS ; 111,96° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 65 Km arah Barat Laut Kota Tuban, Jawa Timur pada kedalaman 643 km.

- Jenis dan Mekanisme Gempa bumi :

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dalam akibat adanya aktivitas deformasi _slab pull_ pada lempeng Indo-Australia yang tersubduksi hingga di bawah Laut Jawa. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan, bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan turun ( _normal fault_ ).

- Dampak Gempa bumi:

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Kuta dengan skala intensitas V MMI ( *Getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun* ), Karangkates, Trenggalek, Gianyar, Tulungagung, Trengalek, Nganjuk, Pacitan, Kediri, Tuban, Garut, Mataram dengan skala intensitas IV MMI ( *Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah* ). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini *TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI*.

- Gempa bumi Susulan:

Hingga pukul 17.30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

- Rekomendasi:

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah. (MC.TMG/fr;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top