Iklan Layanan Masyarakat

Gelorakan Semangat Kebangsaan dengan Kampung Pancasila

Kamis, 14 Jul 2022 17:57:12 413

Keterangan Gambar : Gelorakan Semangat Kebangsaan dengan Kampung Pancasila


Temanggung, MediaCenter -Bupati Temanggung yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Lingkungan Hidup, Tri Raharjo menghadiri kegiatan pencanangan Kampung Pancasila di Dusun Muncar Gumuk, Desa Muncar, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung, Kamis (14/7/2022).

Hadir dalam acara ini, Anggota DPRD Muhammad Amin, Pjs. Kasdim 0706 Temanggung Kapten Arm Muhaimin, Camat Gemawang Marlini Tarigan, Danramil Gemawang Kapten Arh Martinus, Kapolsek Gemawang AKP Jianto, Kepala Desa Muncar Sis Bambang, alim ulama, tokoh masyarakat, dan tamu undangan.

Lokasi pencanangan Kampung Pancasila berada di obyek wisata Muncar Moncer, Dusun Muncar Gumuk. 

Desa Muncar sendiri terdiri dari 8 dusun yaitu, Blawong Wetan, Blawong Kulon, Muncar Lor, Muncar Krajan, Rejosari, Muncar Gumuk, Muncar Kulon, dan Tlogowungu.

Keanekaragaman budaya, adat istiadat , agama dan kepercayaan tercermin dari adanya masjid, gereja, dan vihara, serta tiap tahun diadakan Merti Dusun.

Pemotongan pita sebagai simbol diresmikannya Kampung Pancasila, disambut tarian selamat datang dan Gending Gugur Gunung dari grup kesenian Wahyu Mudo Santoso Dusun Muncar Lor, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, serta membaca ikrar Pancasila.

Tri Raharjo dalam sambutannya menerangkan, Desa Muncar merupakan Kampung Pancasila ke-15 di Kabupaten Temanggung.

"Pancasila itu adalah roh dan jiwanya masyarakat dan bangsa Indonesia, pengambilan kata Kampung Pancasila, karena kampung ini lebih sederhana dan lebih dekat dengan masyarakat, maka jiwa Pancasila itu harus dibangun, sebab Indonesia itu beragam dan berbeda, namun disatukan dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya

Selanjutnya dijelaskan bahwa di lambang Pancasila ada kalimat Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tapi tetap satu, maka Pancasila ini wajib dipahami dengan akal kita, kemudian jiwai, dan ini merupakan aspek pertahanan bangsa Indonesia, sehingga harus dijaga dan dilestarikan.

Kapten Arm Muhaimin mewakili Dandim 0706 Temanggung menerangkan situasi kondisi nasional dan global mengharuskan digiatkannya pencanangan Kampung Pancasila, dan harapannya anak cucu dapat memahami wawasan kebangsaan.

"Desa Muncar ini menjadi tolok ukur kampung Pancasila, bagi semua desa dan kelurahan di seluruh Kabupaten Temanggung, dan musyawarah mufakat harus kembali digalakkan dalam pengambilan keputusan, saling asah, saling asuh, dan saling asih, kita ke depan mau tidak mau kehidupan bernegara, bermasyarakat di Kabupaten Temanggung harus ber Pancasila," tegasnya. (MC.TMG/sty;pde;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top