Iklan Layanan Masyarakat

FOPI dan KONI Temanggung Gelar Kejurkab Petanque

Senin, 17 Jan 2022 17:31:04 1657

Keterangan Gambar : Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Kabupaten Temanggung bekerja sama dengan KONI Temanggung  dalam rangka memasyarakatkan dan mengembangkan olahraga petanque menggelar Kejuaraan tingkat kabupaten (Kejurkab) petanque.


Temanggung, MediaCenter - Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Kabupaten Temanggung bekerja sama dengan KONI Temanggung  dalam rangka memasyarakatkan dan mengembangkan olahraga petanque menggelar Kejuaraan tingkat kabupaten (Kejurkab) petanque. Kejurkab ini juga sebagai ajang seleksi pra Porprov Jateng.

Menurut Ketua FOPI Temanggung, Sri Hariyadi, Kejurkab dan seleksi pra Porprov Jateng petanque diikuti oleh 66 atlet, terdiri dari 48 atlet putra dan 18 atlet putri yang diselenggarakan selama dua hari, tanggal 15 hingga 16 Januari 2022 di lapangan petanque, Maron, Sidorejo, Temanggung. 

“Di pertandingkan dua kelas, yaitu kelas single laki-laki  dan perempuan, serta kelas shooting laki laki dan perempuan,” terangnya, saat dihubungi Tim Media Center, Senin (17/1/2022).
 
Sri Hariyadi menceritakan, permainan bola besi ini awalnya merupakan olahraga tradisional di Prancis yang berakar dari budaya Yunani kuno. Petanque mulai dimainkan secara modern pada tahun 1907 dan Indonesia mulai resmi mengenal cabor ini ketika menjadi tuan rumah Sea Games 2011.

Petanque dimainkan dengan cara melempar bola besi sedekat mungkin dengan bola kayu yang diletakkan di depan pemain sebagai sasaran dan kaki harus berada di lingkaran kecil. Permainan ini biasa dimainkan di rerumputan, pasir, atau permukaan tanah lain. Olahraga ini bisa dilakukan secara individu maupun beregu.

“Di Temanggung ini masih olah raga baru, jadi kami selaku pengurus berusaha terus untuk memasyarakatkan olah raga ini,” terangnya.
 
Sementara itu, Ketua KONI Temanggung, Tomy Eko Kartika mengatakan, KONI Temanggung sangat mengapresiasi digelarnya Kejurkab petanque tahun 2022.

“Meski baru berdiri belum lama, namun FOPI sudah menggelar Kejurkab, ini patut diapresiasi dan di contoh cabor-cabor lain,” pujinya.

Ia menambahkan, kejuaraan ini sebagai upaya untuk berkontribusi dalam memajukan olahraga petanque, sehingga melahirkan bibit atlet terbaik yang potensial dan berprestasi
“Yang jelas, penyelenggaraan kejuaraan ini merupakan langkah maju bagi pembinaan dan pengenalan cabang olahraga petanque di Kabupaten Temanggung,” tandasnya. (MC.TMG/dn;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top