Iklan Layanan Masyarakat

Festival Lembutan Bansari, Upaya Masyarakat Bangkitkan Tembakau Temanggung

Sabtu, 29 Okt 2022 09:43:04 1382

Keterangan Gambar : Festival Lembutan Bansari, Upaya Masyarakat Bangkitkan Tembakau Temanggung


Temanggung, MediaCenter - Festival Lembutan Bansari ke-3 dibuka pada Jum'at (28/10/2022). Festival yang diadakan di lapangan Siti Aji Desa Bansari, Kecamatan Bansari tersebut akan dilaksanakan selama 3 hari, mulai Jum'at (28/10/2022) sampai dengan Minggu (30/10/2022).

Di hari pertama, kegiatan diisi dengan penampilan kesenian tradisional Kubro Siswo dilanjutkan sosialisasi dari Bea Cukai dan BNPT. Di malam harinya, para pengunjung disuguhi penampilan Ketroprak Asal Mula Tembakau l, dilanjutkan Ngrajang Tembakau 13 Cacak yang dihadiri Bupati Temanggung HM. Al Khadziq dan Ketua DPRD Kabupaten Temanggung Yunianto.

Bupati menyampaikan, Festival Lembutan merupakan salah satu upaya masyarakat Bansari akibat kondisi harga tembakau yang akhir-akhir ini kurang menguntungkan bagi para petani.

"Memang banyak masalah di bidang pertembakauan ini, mulai dari banyaknya tembakau impor dari luar negeri, juga adanya beberapa aturan di bidang kesehatan yang membatasi produk-produk tembakau, juga masalah persaingan industri rokok yang saat ini semakin ketat. Cukai rokok tiap tahun juga terus naik, menyebabkan rokok kretek di pasaran berkurang. Tembakau kita digunakan untuk rokok kretek, maka rokok kretek di pasaran berkurang akibatnya tembakau Temanggung di pasaran harganya agak berkurang," ungkapnya.

Bupati menyampaikan, terimakasih kepada masyarakat atas upaya untuk membuat tembakau lembutan yang langsung menembus pasar sendiri, tanpa melewati industri rokok, yang mendapatkan sambutan yang luar biasa dari masyarakat.

"Saat ini tembakau lembutan sudah menjadi tren, dicari di kota-kota besar. Para mahasiswa, anak-anak muda, banyak yang mencari tembakau lembutan. Ini menjadikan petani tembakau di Bansari yang tembakaunya diolah untuk langsung konsumsi, semoga bisa menjadi pemasukan bagi para petani. Oleh karena itu, dengan adanya Festival Lembutan Bansari ini sangat bagus. Dengan event ini kita bisa mengajak seluruh konsumen, memperbanyak konsumsi langsung tembakau buatan petani," tandasnya. (MC TMG/sv;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top