Iklan Layanan Masyarakat

Fasilitator Persampahan Desa Diharapkan Jadi Ujung Tombak Pengelolaan Sampah

Kamis, 16 Jul 2020 15:58:26 1430

Keterangan Gambar :


Temanggung, Media Center - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Temanggung melaksanakan Training of Trainers (ToT) bagi Fasilitator Persampahan Desa (FPD) di Omah Panah Dusun Pare Desa Danupayan Kecamatan Bulu, Rabu (15/07/2020).   
ToT ini merupakan  implemantasi dari Surat Keputusan (SK) Bupati Temanggung Nomor 660.2/38 Tahun 2020 Tentang Dewan Persampahan Kabupaten Temanggung Masa Bakti 2020-2024 dan SK Bupati Temanggung Nomor 660.2/298 Tahun 2020 Tentang Pengukuhan Fasilitator Persampahan Tingkat Kecamatan.
Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Bupati Temanggung HM Al Khadziq dihadiri oleh Muspika Kecamatan Bulu, Kepala Desa se-Kecamatan Bulu dan 72 Peserta dari 19 desa di wilayah Kecamatan Bulu.    
Dalam sambutannya Bupati berharap  para fasilitator tingkat desa ini dapat membentuk para penggiat  sampah rumah tangga. 
“Setelah pelatihan ini para fasiliator desa mendapat tugas membentuk penggiat rumah tangga, melatih mereka untuk menjelaskan di setiap pertemuan bagaimana cara kita memperlakukan sampah. Sampah itu  merupakan salah satu indicator kesejahteraan masyarakat dilihat dari kesehatan dan kebersihan lingkungan,” jelas Bupati. 
Edie Poernomo selaku Kepala Bidang Kebersihan dan Pengolahan Persampahan DLH Kabupaten Temanggung berharap nantinya peserta  ToT ini diharapkan mampu menjadi fasilitator dan dinamisator di desanya masing- masing. Sehingga terkait pengelolaan dan permasalahan sampah ditingkat desa akan dapat diatasi secara bersama-sama. 
“Kemudian diharapkan masyarakat ditingkat desa, ditingkat rumah tangga untuk memilah dan memilih sampah”, lanjutnya.
Nantinya para peserta FPD ini akan mengadakan pelatihan pengelolaan persampahan bekerja sama dengan aparatur desa dan tokoh masyarakat  didesa masing – masing, sehingga dapat mengurangi sampah dan Temanggung menjadi kota bebas sampah. (MCTMG/Eknu;Akbar;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top