Iklan Layanan Masyarakat

Evakuasi Material Longsor di Desa Krempong Gunakan Alat Berat

Rabu, 11 Mei 2022 15:41:14 504

Keterangan Gambar : Evakuasi material longsor Desa Krempong dan Desa Sucen, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung


Temanggung, MediaCenter - Pemerintah Kecamatan Gemawang berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (DPU PR) Kabupaten Temanggung menerjunkan satu unit alat berat untuk mengevakuasi material longsor yang menutup jalan desa yang menghubungkan Desa Krempong dan Desa Sucen, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung. 

"Setelah dapat laporan dari perangkat desa pagi ini, saya kemudian berkoordinasi dengan BPBD dan DPUPR,  karena longsor menutup jalan desa, sehingga butuh alat berat," terang Camat Gemawang, Marlina Tarigan, saat meninjau lokasi longsor, Rabu (11/5/2022).

Ia memperkirakan pembersihan material longsor akan memakan waktu sekitar satu hingga dua hari, hal tersebut dikarenakan ketebalan material longsor yang menutupi jalan hampir mencapai 4 meter.

"Dalam satu dua hari ini kita upayakan agar sepeda motor bisa lewat dulu, namun untuk mobil mungkin perlu waktu lebih lama," ujarnya. 

Disinggung terkait kerugian, Marlina belum bisa memastikan, sejauh ini hanya lahan kopi siap panen yang mengalami kerusakan, namun kerugian yang paling besar adalah tertutupnya akses jalan desa yang juga jalur ekonomi warga.

"Warga terpaksa harus memutar lebih jauh," tandasnya. 

Sementara itu, di tempat yang sama Kepala Desa Krempong, Suyatno, menceritakan longsor terjadi sekitar pukul 3 Rabu (10/5/2022) dini hari. Saksi mata yang pertama kali melihat adalah penjual sayuran keliling yang  baru melintas di jalur tersebut.

"Yang longsor adalah tebing setingi 75 meter, saat itu tidak ada hujan, cuma memang tanah di lokasi sangat labil," terangnya. 

Menurutnya, selain merusak jalan, longsor juga memutus aliran listrik di dua desa, Desa Krempong dan Sucen.

"Pas kejadian ada ledakan trafo, mungkin terkena pohon yang terseret longsor, kami sudah lapor PLN dan hari ini akan langsung diperbaiki," pungkasnya. (MC.TMG/dn;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top