Iklan Layanan Masyarakat

Eks Bioskop Empat Dimensi Difungsikan untuk Kegiatan Literasi

Selasa, 20 Apr 2021 07:44:16 148

Keterangan Gambar : Eks bioskop empat dimensi, Kowangan, Temanggung, Jawa Tengah.


Temanggung, MediaCenter - Bioskop empat dimensi di daerah Kowangan, Temanggung, Jawa Tengah kini telah difungsikan untuk berbagai kegiatan literasi dibawah naungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dinpusip) setempat. Masyarakat boleh menggunakan bangunan seluas 400 meter persegi itu secara gratis untuk membangun dan menumbuhkan literasi.

Kepala Dinpusip Kabupaten Temanggung Suminar Budi Setiawan, mengungkapkan, semula bioskop empat dimensi dikelola pihak swasta. Gedung tersebut memang dibangun swasta di atas tanah milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung. Sayangnya bioskop empat dimensi kurang mendapat respon masyarakat, sehingga ketika dikelola pihak swasta sempat mangkrak cukup lama.

"Tahun 2016 gedung bioskop empat dimensi diserahkan ke Pemkab dan sekarang sudah menjadi aset Pemkab. Gedung juga sudah direnovasi, karena pada saat diserahkan sudah ada kerusakan dibeberapa bagian," terang Suminar, Senin (19/4/2021), di Temanggung.

Ketika Pemkab Temanggung mengambil alih bioskop, menurut Suminar, sudah dalam kondisi kosong. Semua peralatan sudah dibawa pihak swasta, karena memang milik mereka. Antara lain kursi, arsip, dan proyektor. Proses renovasi gedung berlangsung secara bertahap hingga Tahun 2018. Pemkab Temanggung juga telah melengkapi bioskop dengan kursi, proyektor, dan AC.

"Sekarang sudah difungsikan lagi untuk kegiatan perpustakaan dan pegiat literasi. Kami juga menyelenggarakan seleksi video lomba bercerita di eks. bioskop tersebut," ujar Suminar.

Ia menyilahkan masyarakat dan pegiat literasi untuk menggunakan gedung tersebut untuk kegiatan literasi secara gratis. Namun tentu saja harus atas seijin Pemkab Temanggung dan pengguna gedung eks.bioskop harus menjaga kebersihan gedung. (MC.TMG/Tosiani;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top