Iklan Layanan Masyarakat

Eduwisata Sedadap Resmi Dilaunching

Selasa, 01 Mar 2022 11:00:17 401

Keterangan Gambar : Bertambah lagi tempat wisata alam di Kabupaten Temanggung dengan dilaunchingnya Eduwisata Sedadap, Desa Kwadungan Gunung, Kecamatan Kledung yang berkolaborasi dengan SMP Negeri 2 Kledung, Kecamatan Kledung, Rabu (9/1/2022) di Komplek Eduwisata Sedadap di Lereng Gunung Sindoro, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung.


Temanggung, MediaCenter - Bertambah lagi tempat wisata alam di Kabupaten Temanggung dengan dilaunchingnya Eduwisata Sedadap, Desa Kwadungan Gunung, Kecamatan Kledung yang berkolaborasi dengan SMP Negeri 2 Kledung, Kecamatan Kledung, Rabu (9/2/2022) di Komplek Eduwisata Sedadap di Lereng Gunung Sindoro, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung.

Hadir dalam acara launching, Wakil Bupati Temanggung, Heri Ibnu Wibowo, Forkompimcam Kledung, pewakilan dari Perhutani, Instiper Yogyakarta, instansi terkait dan perwakilan siswa-siswa SMP Negeri 2 Kledung.

Dalam keterangan persnya, Wabup menyampaikan, dengan dilaunchingnya Eduwisata Sedadap bisa menjadi salah satu potensi wisata alam di Kecamatan Kledung, selain di Posong. Oleh karena itu, pengelolaan dan manajemennya harus lebih baik dan harus ada hal-hal baru yang ditampilkan, sehingga dapat berkompetisi dengan wisata alam lainnya. 

“Jadi di sini, wisata edukasinya yang bisa dikembangkan, dan bisa menarik para wisatawan untuk datang di Sedadap ini,” ungkap Wabup.

Kepala Desa Kwadungan Gunung, Agus Susanta melaporkan, bahwa dalam launching eduwisata ini, wisata Sedadap akan dikembangkan ke edukasi wisatanya dan selanjutnya, Desa Kwadungan Gunung menjadi wisata desa. 

Ditambahkan, bahwa yang diunggulkan di Eduwisata Sedadap nantinya masyarakat, pelajar, pengunjung akan tahu tentang cara penanaman kopi, pengolahan kopi, perawatan, pemetikan kopi, sampai ke pemasarannya. 

Sedangkan Tri Nugroho dari Instiper Yogyakarta menyampaikan, bahwa dari Instiper Yogyakarta berkolaborasi  dengan Perhutani dan pihak Desa Kwadungan Gunung akan melakukan konservasi lahan di tempat wisata Sedadap. Instiper melakukan pendampingan dan membantu pengembangan eduwisata dengan melakukan penanaman kopi varietas Komasti untuk lahan di atas 1500 dpl. Bibit ini didapatkan dari Puslipkoka Jember. Instiper telah melakukan penanaman 300 bibit di tahun 2020 dan dilanjutkan tahun 2022 sebanyak 1500 bibit.

Setelah dilakukan launching dengan ditandai pemotongan pita, kemudian dilanjutkan pengecekan lahan yang akan ditanami kopi dan untuk eduwisata. Pada kesempatan yang sama, Wabup juga meresmikan kantor Kepala Desa Kwadungan Gunung dan Perpustakaan Desa, dilanjutkan sarasehan terkait Eduwisata Sedadap di Gedung Balai Desa Kwadungan Gunung. (MC.TMG/Pd;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top