Iklan Layanan Masyarakat

Dukung Ketahanan dan Kedaulatan Pangan, BMKG Gelar Sekolah Lapang Iklim

Minggu, 14 Agu 2022 06:00:06 146

Keterangan Gambar : Dukung Ketahanan dan Kedaulatan Pangan, BMKG Gelar Sekolah Lapang Iklim


Temanggung, Media Center - Acara Sekolah Lapang Iklim (SLI) Operasional BMKG dengan tema "Peran Info BMKG dalam Mendukung Ketahanan dan Kedaulatan Pangan Nasional" resmi dibuka dengan sambutan dari Bupati Temanggung dan kepala BMKG, Sabtu (12/8/2022).

SLI yang dilaksanakan di Desa Wonosari, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung ini merupakan upaya BMKG untuk mendukung ketahanan pangan nasional yang menjadi program dari Presiden Joko Widodo supaya bangsa Indonesia tetap bisa menyediakan pangan. 

Melalui Sekda Hary Agung Prabowo, Bupati HM Al Khadziq menyampaikan bahwa pelaksanaan SLI operasional pendamping komoditas tembakau ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan serta keterampilan bertani dalam memanfaatkan informasi iklim di wilayah kerja guna melakukan antisipasi dampak fenomena iklim ekstrem terhadap komoditas tembakau. 

"SLI merupakan mekanisme untuk membantu para petani memahami informasi iklim. Hal ini dilakukan karena perubahan iklim. Tantangannya cukup banyak yang dapat berdampak pada sektor pertanian dan ketahanan pangan, khususnya di Kabupaten Temanggung. Peningkatan produktivitas pertanian tidak terlepas dari masalah iklim," tuturnya.

Ia juga mengharapkan kegiatan SLI dapat meningkatkan pemahaman petani terhadap informasi kehidupan yang berkaitan dengan iklim, sehingga dampak negatif berupa gagal panen atau penurunan produktivitas petani dapat dihindari. 

Sementara itu, Dwikorita Karnawati selaku Ketua BMKG pusat menambahkan perkiraan musim hujan di Kabupaten Temanggung yang akan dimulai September hingga Oktober mendatang dan kenaikan suhu permukaan yang dinilai dapat menjadi tantangan bagi para petani. 

"Kami sudah memonitor bahwa setiap 10 tahun kenaikan suhu permukaan dapat mencapai 0.47 derajat celcius dan ini terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia, bahkan di wilayah dunia," jelasnya.

Dwikorina berharap melalui SLI ini BMKG bersama perangkat pemerintahan di Kabupaten Temanggung berupaya untuk menyampaikan berbagai hal yang perlu diketahui petani terkait cuaca dan iklim melalui praktik di lapangan agar para petani bisa lebih berdaya menyikapi kondisi ini. (MC.TMG/Cca;Tfa;Pde)

Pencarian:

Komentar:

Top