Iklan Layanan Masyarakat

Dua Inovasi Temanggung Lolos Ajang Krenova Tingkat Provinsi

Kamis, 09 Jul 2020 10:25:09 224

Keterangan Gambar :


Temanggung, MediaCenter-Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kabupaten Temanggung mengadakan Video Conference (Vidcon) terkait penilaian Lomba Kreatifitas dan Inovasi (Krenova) tingkat Provinsi Jawa Tengah di Ruang Aula Bappeda Temanggung, Rabu (8/7). 
Vidcon dilakukan melalui aplikasi zoom meeting dengan dihadiri oleh Asisten Administrasi Setda, Tim Bappeda, Tim Dinkominfo, Tim Dintanpangan dan Tim Peserta Lomba.
Tahun ini Kabupaten Temanggung berhasil mengirimkan dua peserta lolos ke Tingkat Provinsi melalui seleksi proposal. Adapun kriteria penilaian meliputi kebaruan inovasi, mempunyai manfaat yang dapat terukur dan dampak keberlanjutan kedepan secara ekonomi, lingkungan, dan sosial. 
Salah satu inventor (penemu) perwakilan Kabupaten Temanggung, Ganit Linggartika beserta tim, menciptakan karya berupa drone semprot pertanian yang dirakit khusus untuk memudahkan petani dalam penyemprotan insektisida di lahan yang luas. Drone semprot pertanian, yang diberi nama “HOPE” ini mempunyai kapasitas 15 Liter, sehingga dapat menghemat waktu penyemprotan. 
Inventor lain Hendi Nur Seto beserta Anisah Idah Raswati mengkreasikan barang bekas menjadi tanaman hydroponik organik, sehingga dapat meminimalisir sampah plastik. 
Kasubid Penelitian dan Pengembangan Terapan Bappeda Kabupaten Temanggung Fita Parma Dewi menjelaskan tujuan dari Krenova adalah agar masyarakat mampu mengembangkan kreatifitas dan inovasi yang dimiliki. Selain itu dapat memberikan manfaat serta dampak yang luas untuk meningkatkan pendapatan, kesejahteraan, dan pertumbuhan ekonomi. 
“Kami di Bappeda Temanggung banyak melakukan pengembangan dan pembinaan dari inventor-inventor yang masuk. Salah satunya dengan pelatihan bisnis, karena arah dari inovasi memang harus komersialisasi, kekayaan intelektual berupa merk, hak cipta dan membantu promosi saat pameran,” jelasnya.(MC TMG/Hani;Davi;Meyta;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top