Iklan Layanan Masyarakat

[DISINFORMASI] Pidato Henry Kissinger Sebut Vaksin adalah Alat Pengendali Populasi

Rabu, 16 Feb 2022 12:04:50 1193

Keterangan Gambar : Beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook yang menampilkan gambar Menteri Luar Negeri AS, Dr. Henry Kissinger dengan sebuah kutipan narasi di bawahnya. Dari narasi tersebut dapat disimpulkan bahwa seolah-olah Henry Kissinger menyatakan vaksin adalah cara yang paling menguntungkan untuk pengendalian sosial dan populasi.


Penjelasan :

Beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook yang menampilkan gambar Menteri Luar Negeri AS, Dr. Henry Kissinger dengan sebuah kutipan narasi di bawahnya. Dari narasi tersebut dapat disimpulkan bahwa seolah-olah Henry Kissinger menyatakan vaksin adalah cara yang paling menguntungkan untuk pengendalian sosial dan populasi.

Berdasarkan hasil penelusuran, narasi yang ada di dalam gambar bukan merupakan ungkapan dari Dr. Henry Kissinger. Hoaks ini sebelumnya pernah beredar pada 2021. Berdasarkan hasil pencarian,  tidak ditemukan pernyataan apapun dari Henry Kissinger yang terkait dengan vaksinasi ataupun pengendalian sosial dan populasi. Melansir dari aap.com.au, satu-satunya dokumen yang ditulis oleh Henry Kissinger tentang pengendalian populasi adalah Memorandum Studi Keamanan Nasional setebal 123 halaman tertanggal 10 Desember 1974 dan diklasifikasi oleh Gedung Putih pada tahun 1989. Memorandum ini berjudul “Implikasi Pertumbuhan Populasi di Seluruh Dunia untuk Keamanan AS dan Kepentingan Luar Negeri (THE KISSINGER REPORT)”. Namun, tidak ada penyebutan tentang vaksinasi.

KATEGORI: DISINFORMASI

Link Counter:

-https://covid19.go.id/artikel/2022/02/13/salah-pidato-henry-kissinger-sebut-vaksin-adalah-alat-pengendali-populasi

-https://www.aap.com.au/factcheck/henry-kissingers-claim-about-using-vaccinations-for-social-and-population-control-is-false/

-https://turnbackhoax.id/2022/02/13/salah-pidato-henry-kissinger-sebut-vaksin-adalah-alat-pengendali-populasi/

Pencarian:

Komentar:

Top