Iklan Layanan Masyarakat

[DISINFORMASI] Informasi Cara Cek Minyak Goreng Bekas

Rabu, 27 Apr 2022 10:16:20 1564

Keterangan Gambar : Beredar sebuah narasi di media sosial Facebook tentang cara mengecek minyak goreng bekas. Disebutkan bahwa caranya adalah dengan memasukkannya ke dalam kulkas selama dua jam. Jika muncul busa, maka itu adalah minyak bekas.


Penjelasan :

Beredar sebuah narasi di media sosial Facebook tentang cara mengecek minyak goreng bekas. Disebutkan bahwa caranya adalah dengan memasukkannya ke dalam kulkas selama dua jam. Jika muncul busa, maka itu adalah minyak bekas. Cara lainnya yakni dengan menumis bawang putih dengan minyak tersebut. Jika bawang putih berubah merah, maka minyak yang dipakai merupakan minyak bekas. 

Dilansir dari kompas.com, informasi tersebut adalah tidak tepat. Terkait informasi mengenai cara mengecek minyak goreng bekas, pernah diwartakan Kompas pada Jumat (25/3/2022). Peneliti di Pusat Riset Kimia Maju Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Yan Irawan menyampaikan cara paling mudah membedakan minyak goreng baru dan bekas dapat dilihat dari warna dan baunya. Minyak goreng baru yang bersumber dari kelapa sawit akan berwarna kuning bening dan tidak berbau. Sementara, minyak kelapa berbau khas kelapa. Sedangkan minyak goreng bekas berwarna sedikit kuning kehitaman. Sementara untuk menguji minyak goreng dengan cara dimasukkan ke kulkas, dijelaskan bahwa memang bisa memasukkan minyak goreng ke kulkas. Namun, pembuktiannya tidak dengan adanya busa. Melainkan, minyak goreng bekas lebih cepat membeku dibanding minyak goreng baru.

KATEGORI: DISINFORMASI

Link Counter :

-https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/03/29/102629082/hoaks-cara-cek-minyak-goreng-bekas?page=all

-https://www.kompas.com/sains/read/2022/03/25/190200623/viral-cek-minyak-goreng-bekas-dan-baru-bagaimana-cara-mudahnya-?page=all

Pencarian:

Komentar:

Top