Iklan Layanan Masyarakat

[DISINFORMASI] CT Value Sebagai Penentu Kesembuhan Pasien Covid-19

Kamis, 22 Jul 2021 16:28:27 537

Keterangan Gambar : Beredar di media sosial sebuah informasi terkait nilai Cycle Threshold (CT Value) untuk menentukan kesembuhan pasien Covid-19. Dalam pesan tersebut, nilai CT dikelompokan dalam beberapa kategori untuk menentukan kesembuhan pasien Covid-19.


Penjelasan:

Beredar di media sosial sebuah informasi terkait nilai Cycle Threshold (CT Value) untuk menentukan kesembuhan pasien Covid-19. Dalam pesan tersebut, nilai CT dikelompokan dalam beberapa kategori untuk menentukan kesembuhan pasien Covid-19.

Faktanya, informasi terkait kategori nilai CT tersebut adalah tidak tepat. Melalui unggahan akun Twitter resmi @PBIDI, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengonfirmasi bahwa tidak ada pengelompokan berdasarkan nilai CT dan nilai CT tidak dapat dibandingkan antar lab karena ada perbedaan dalam metode, alat, reagen, beserta sampel yang diperiksa. Selain itu, ditegaskan juga berapapun nilai CT apabila hasil tes PCR menunjukkan positif, maka tetap harus menjalani isolasi dan berkonsultasi dengan dokter. Hal serupa juga dijelaskan oleh Dokter Spesialis Paru dan Pernapasan, Dr. Jaka Pradipta. Mengutip dari suara.com, Dr. Jaka memaparkan, nilai CT bukanlah tolak ukur kesembuhan pasien Covid-19 dan juga bukan patokan apakah seseorang masih bisa menularkan Covid-19.

KATEGORI: DISINFORMASI

Link Counter:

-https://covid19.go.id/p/hoax-buster/salah-nilai-ct-pada-tes-pcr-menentukan-kesembuhan-pasien-covid-19

-https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4596735/cek-fakta-tidak-benar-ct-value-sebagai-penentu-kesembuhan-pasien-covid-19

-https://turnbackhoax.id/2021/07/19/salah-nilai-ct-pada-tes-pcr-menentukan-kesembuhan-pasien-covid-19/

-https://twitter.com/PBIDI/status/1415876155521961988

Pencarian:

Komentar:

Top