Iklan Layanan Masyarakat

Dinkopdag Temanggung Lakukan Kurasi Produk UMKM

Senin, 24 Mei 2021 16:15:59 1510

Keterangan Gambar : Sri Haryanto, Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdaganan Kabupaten Temanggung.


Temanggung, MediaCenter – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (Dinkopdag) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, melakukan program kurasi produk-produk UMKM. 

Kurasi tersebut dilakukan untuk mencari, memilih dan menilai produk UMKM, untuk kemudian dipromosikan melalui platform digital. Sehingga produk-produk UMKM Temanggung mampu menembus pasar modern, bahkan layak untuk diekspor.

Kepala Dinkopdag Temanggung, Sri Hariyanto, Senin (24/5/2021) mengatakan kriteria penilaian dalam kurasi tersebut meliputi kualitas produk, kemasan berstandar nasional Indonesia, komposisi yang tertera dikemasan, pencantuman tanggal kedaluwarsa, serta mengantongi sertifikat halal, ukuran, gram dan sertifikat PIRT.

"Langkah yang kita lakukan, pertama kita kurasi terkait kualitas produk, kemasan dan perijinan. Setelah itu baru kita coba membantu para pelaku UMKM di Temanggung ini disisi pemasaran," katanya.

Sri Hariyanto menyebutkan, di Temanggung terdapat ratusan produk UMKM yang akan dilakukan kurasi, seperti produk makanan, kopi, batik, aksesoris, maupun kerajinan.

"Setelah kita inventarisasi produk-produk di Temanggung ini ternyata ada ratusan dan banyak item dan jenisnya, ini luar biasa sekali potensinya. Sehingga perlu kita lakukan kurasi agar produk UMKM itu menjadi produk yang menarik dan enak, hingga mampu bersaing dan menembus pasar-pasar modern," imbuhnya.

Pemkab Temanggung juga menggandeng pihak swasta untuk mengedukasi para pelaku UMKM untuk berbenah dan meningkatkan daya saing produk hingga menghasilkan produk dengan kualitas dan kuantitas terbaik. Selain itu, juga diberikan pelatihan dalam mengembangkan promosi dan pemasaran produknya.

"Harapan dari kurasi ini adalah produk-produk UMKM memiliki legalitas dan apabila bisa diekspor sudah memiliki standar internasional. Dari kurasi ini, kita jadi tahu produk mereka kurangnya dimana, jadi bisa dibenahi. Tidak hanya itu, kita juga membantu dalam pengembangan produk, kualitas dan kuantitasnya," tegasnya.

Diharapkan dengan program kurasi tersebut dapat memulihkan sektor perekonomian di Temanggung yang terimbas pandemi Covid-19. (MC.TMG/fr;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top