Iklan Layanan Masyarakat

Dinkes Temanggung Lakukan Antisipasi Penyakit Menular Sejak Dini

Wednesday, 08 Agu 2018 16:26:00 1140

Keterangan Gambar : Dinkes Temanggung Lakukan Antisipasi Penyakit Menular Sejak Dini.


Temanggung, MediaCenter – Dalam rangka mengetahui atau mendeteksi dini penyakit ibu hamil di wilayah Puskesmas Temanggung. Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung menyelenggarakan sosialisasi dan test HIV AIDS, Sipilis dan Hepatitis B pada resiko tinggi atau populasi khusus.

Kemarin Selasa (7/8), bertempat di Aula Puskesmas Temanggung sedikitnya 30 peserta ibu hamil yang tinggal di sekitar Puskesmas Temanggung mengikuti acara tersebut.

Bertindak sebagai narasumber, Kepala Seksi Pemberantasan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, Sri Hartatik yang menjelaskan tentang bahaya penyakit HIV AIDS, Sipilis dan Hepatitis B, untuk itu Pemerintah Provinsi yang dalam hal ini memberikan program kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Temanggung untuk sigap menanggulangi dan mencegah secara dini penularan 3 (tiga) penyakit tersebut.

Dalam sosialisasi sekaligus test tersebut, anggaran pelaksanaannya berasal dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, meliputi 12 Kabupaten termasuk salah satunya Kabupaten Temanggung.

“Acara ini bermaksud agar masyarakat mendapat gambaran sejak dini (pada ibu hamil) untuk ditanggulangi secara dini dan secara intens,” pungkas Sri Hartatik.

Sedangkan selaku pengelola program HIV di Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, Adi Susanto menjelaskan dalam wawancara, bahwa dalam kegiatan ini tidak hanya memberikan sosialisasi tentang pentingnya penanganan sejak dini pada ibu hamil, tetapi akan dilaksanakan deteksi melalui laborat dengan rapid test tiga metode untuk mendeteksi penyakit HIV AIDS, Sipilis, dan Hepatitis B.

“Dengan test tersebut diharapkan ada penanganan sejak dini supaya terdapat pendampingan untuk mengantisipasi penyakit tersebut. Sehingga juga dapat mengantisipasi seluruh pihak seperti, keluarga serta petugas kesehatan dalam menangani penyakit tersebut agar tidak panik dan bingung,” terangnya.

Sedangkan hasil dari pengambilan sampel darah untuk di uji di Laborat akan diberikan pada hari Kamis ((9/8), sekaligus memberikan sosialisasi kembali dan jika terdapat pasien ibu hamil yang positif terjangkit salah satu penyakit tersebut akan segera mendapatkan penanganan dari Puskesmas dan segera dirujuk di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Temanggung. (MC TMG/Penulis, Foto: Agung Editor: Ekape )

Pencarian:

Komentar:

Top